PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-A MTs SULTAN AGUNG PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV)

NUR HAYATI, 1724143193 (2018) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII-A MTs SULTAN AGUNG PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL (PLSV). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (364kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (437kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran saintifik Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel” ini ditulis oleh Nur Hayati, NIM. 1724143193, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci: Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Hasil dan Motivasi Belajar. Penelitian dalam skripsi ini membahas tentang pengaruh pendekatan saintifik terhadap hasil dan motivasi belajar matematika siswa. Kajian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa dan motivasi belajar yang kurang optimal. Tujuan dari penelitian adalah 1) untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap Hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), 2) untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap motivasi belajar siswa kelas VII-A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), 3) untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas VII-A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya yaitu eksperimen dengan desain penelitiannya adalah quasi eksperimen design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Sultan Agung. Pada penelitian ini mengambil sampel kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan VII B sebagai kelas kontrol. Adapun teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah: 1) Observasi, 2) Dokumentasi, 3) Tes, 4) Angket. Teknik analisis data menggunakan uji MANOVA. Hasil penelitian dan hasil pengolahan data yang telah dilakukan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: (1) berdasarkan hasil perhitungan BetweenSubjects Effects diperoleh 0,000 0,05. Hal ini menunjukkah bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap Hasil belajar siswa kelas VII-A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), (2) berdasarkan hasil perhitungan Between-Subjects Effects diperoleh 0,004 0,05. Hal ini menunjukkah bahwa untuk mengetahui ada pengaruh pendekatan pembelajaran Saintifik terhadap motivasi belajar siswa kelas VII-A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV), (3) berdasarkan hasil perhitungan Multivariate Test nilai signifikan dilihat pada Pillai’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, dan Roy’s Largest Root diperoleh 0,004 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pendekatan pembelajaran saintifik terhadap hasil dan motivasi belajar siswa kelas VII-A MTs Sultan Agung Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel (PLSV).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143193 NUR HAYATI
Date Deposited: 02 Aug 2018 04:19
Last Modified: 02 Aug 2018 04:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8611

Actions (login required)

View Item View Item