PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG

Nuning Choirun Nisa', 1721143313 (2018) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL SISWA KELAS VIII MTs NEGERI BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (356kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (739kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (240kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (141kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa Kelas VIII MTsN Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Nuning Choirun Nisa’ dengan dibimbing oleh Dr. H. Zaini, M.Pd.I. Latar belakang penelitian ini yakni sebuah fenomena yang menunjukan penurunan kualitas dalam dunia pendidikan sekarang ini. Banyak guru yang kurang menguasai kompetensi guru, yakni kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial dan kompetensi professional yang merupakan dasar dari proses pembelajaran. Dari sebuah proses pembelajaran, siswa akan memiliki kecerdasan yakni kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual, dan kecerdasan emosional. Kualitas pendidik yang masih rendah sulit untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan dan meningkatan kecerdasan peserta didik. Untuk menghadapi tantangan tersebut guru harus secara terus menerus belajar sebagai upaya untuk mengembangkan kompetensi yang dimilikinya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Seberapa besar kompetensi kepribadian guru di MTsN Bandung Tulungagung? (2) Seberapa besar kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTsN Bandung Tulungagung? (3) Adakah pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTsN Bandung Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui seberapa besar kompetensi kepribadian guru di MTsN Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui seberapa besar kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTsN Bandung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTsN Bandung Tulungagung. Metode Penelitian menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru dan seluruh siswa kelas VIII di MTsN Bandung Tulungagung sebanyak 52 guru dan 314 siswa. Kemudian dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling diambil sampel sebanyak 50 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan instrument angket. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji chi kuadrat. Hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa : (1) Kompetensi kepribadian guru di MTsN Bandung Tulungagung termasuk dalam kategori sedang dengan 48% sampel memilih demikian (2) Kecerdasan spiritual siswa kelas VIII di MTsN Bandung Tulungagung termasuk dalam kategori sedang dengan 40% sampel memilih demikian. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap kecerdasan spiritual siswa kelas VIII MTsN Bandung Tulungagung, yaitu sebesar 54%. Hal ini didapat dari analisis data chi square memperoleh nilai lebih besar dari tabel chi kuadrat yaitu 10,676 > 9,488. Harga ini lebih besar dari tabel chi kuadrat sehingga hasil yang diperoleh pada sampel juga dapat diterapkan pada keseluruhan populasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: S.Pd 1721143313 Nuning Choirun Nisa'
Date Deposited: 01 Aug 2018 02:40
Last Modified: 01 Aug 2018 02:40
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8607

Actions (login required)

View Item View Item