PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA ROUDHLOTUL SALAFIYAH PUCUNG LOR NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

INDAH KHOIRUN NADA, 1726143018 (2018) PENERAPAN PERMAINAN PUZZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI RA ROUDHLOTUL SALAFIYAH PUCUNG LOR NGANTRU TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (302kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (242kB)

Abstract

ABSTRAK Indah Khoirun Nada, NIM 1726143018 “Penerapan Permainan Puzzle Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Kelompok B di RA Roudhlotul Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Trbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung Tahun 2018 dibimbing oleh : Dr. Hj. Luluk Ati’rotu Zahroh, M.Pd. Kata Kunci : Permainan Puzzle, Kemampuan Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi pada permasalahan yang terjadi pada anak yaitu pada kemampun kogntif anak yang rendah di karenakan belum adanya metode baru yang bisa menarik perhatian anak. Permasalah tentang kemampuan kognitif anak ini adalah suatu masalah yang sangat memerlukan sebuah tindakan. Dan tindakan tersebut juga haruslah dengan sebuah metode yang tepat. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan media puzzle di RA Roudhlotul Salafiyah Pucung Ngantru Tulungagung untuk mengembangkan kemampuan kognitif anak usia dini? (2) Bagaiman cara meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini di RA Roudhlotul Salafiyah Pucung Lor Nagntru Tulungagung melalui permainan puzzle?. Adapaun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan dan meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini dengan menggunakan metode permainan puzzle. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala RA Roudhlotul Salafiyah Pucung Lor Ngantru Tulungagung, yang digunakan sebagai pemikiran baru dalam hal peningkatan kemampuan kognitif anak dalam rangka meningkatkan mutu pengajtaran, bagi guru RA Roudhlotul Salafiyah sebagai dasar untuk memperbaiki kegiatan pengajaran tentang menggunakan metode bermain peran. Bagi pembaca/peneliti sebagai bahan reverensi pada penelitian berikutnya. Pendekatan penelitian ini adalah Pendekatan Penelitian Kelas (PTK) dengan menggunakan tiga siklus. Siklus yang di makasud adalah siklus I, II, III. Penelitian menggunakan tiga siklus sesuai dengan pembelajaran anak karena, pembelajaran pada anak harus di lakukan secara berulang. Penyelesaian tindakan peningkatan kognitif menggunakan Metode Permaina Puzzle. Berdasarakn hasil analisis data pada siklus I, II, III di peroleh data bahwa Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak Melalui Metode Permainan Puzzle, sesuai dengan kriteria keberhasilan tindakan pada presentase 80% yang ternyata melebibihi kriteria pada tindakan akhir terbilang presentase 83% anak dengan jumlah 18 anak Kelompok B di RA Roudhlotul Salafiyah, (15 orang anak) yang mendapatkan nilai bintang 3 dengan capaian perkembangan BSH=Berkembang Sesuai Harapan. Dari data yang di peroleh dapat di simpulkan bahwa, Kemampuan Kognitif Anak meningkat setelah menggunakan Metode Bermain Puzzle.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143018 INDAH KHOIRUN NADA
Date Deposited: 10 Oct 2018 08:20
Last Modified: 10 Oct 2018 08:20
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8590

Actions (login required)

View Item View Item