STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMKN 2 TULUNGAGUNG

AMILIA AMININ, 1721143048 (2018) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMKN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (459kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (406kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (641kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (344kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (600kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (222kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa Di SMKN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Amilia Aminin NIM : 1721143048, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Bapak Abdulloh Chakim, M.Pd, NIP. 1973107 199803 1 003 Kata Kunci : Strategi Guru PAI, Religiusitas Siswa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh maraknya pelaku negatif yang dilakukan oleh pelajar yang disebabkan kurangnya pendidikan agama siswa. Guru PAI memiliki tanggung jawab yang sangat besar dalam dalam pembinaan pengetahuan dan pengamalan beragama siswa, oleh karena itu guru PAI dituntut untuk memiliki strategi-strategi khusus dalam meningkatkan religiusitas siswa untuk mencegah siswa agar tidak melakukan hal-hal negatif yang merugikan sekolah maupun lingkungan masyarakat. Penelitian ini mengkaji bagaimana strategi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMKN 2 Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : (1) Bagaimanakan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa? (2) Apa saja faktor pendukung dan kendala-kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMKN 2 Tulungagung? (3) Bagaimana dampak pelaksanaan strategi yang telah dilakukan guru PAI terhadap religiusitas siswa di SMKN 2 Tulungagung? Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mendeskripsikan strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas di SMKN 2 Tulungagung (2) Mengetahui faktor pendukung dan kendalan-kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMKN 2 Tulungagung (3) Mendeskripsikan dampak pelaksanaan strategi yang telah dilakukan guru PAI terhadap siswa di SMKN 2 Tulungagung Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Langkah-langkahnya adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah strategi yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa di SMKN 2 Tulungagung yaitu di dalam kelas dengan menggunakan metode internalisasi nilai religius melalui metode ceramah dan memberikan teladan yang baik kepada siswa. Diluar kelas guru PAI menggunakan aktualisasi nilai religius melalui jurnal sholat untuk memonitoring ibadah sholat siswa, pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah belajar serta tadarrus Al-Qur’an, rutinan infaq setiap hari Jum’at, dan mengadakan kegiatan untuk memperingati hari besar Islam. Adapun faktor pendukung dalam meningkatkan religiusitas siswa yaitu adanya program sekolah, kerjasama dan kekompakan guru PAI serta guru mata pelajaran lain, dan kesadaran diri siswa. Kendala yang dihadapi guru PAI dalam meningkatkan religiusitas siswa yaitu sarana dan prasarana yang masih kurang, latar belakang keluarga dan lingkungan, kurangnya SDM guru PAI di SMKN 2 Tulungagung, alokasi waktu pembelajaran PAI, serta pengaruh kemajuan iptek. Dampak pelaksanaan strategi dalam meningkatkan religiusitas terhadap siswa yaitu tumbuhnya sikap kedisiplinan, sikap kejujuran, sikap saling menghormati dan menyayangi, serta menumbuhkan sikap dermawan pada diri siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143048 AMILIA AMININ
Date Deposited: 08 Aug 2018 01:12
Last Modified: 08 Aug 2018 01:12
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8587

Actions (login required)

View Item View Item