Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Trenggalek Tahun Ajaran 2011/2012

Hidayatulloh, Syarif (2012) Pengaruh Kecerdasan Visual Spasial Terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Kubus dan Balok Siswa Kelas VIII SMPN 2 Trenggalek Tahun Ajaran 2011/2012. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I.doc

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.doc

Download (110kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (306kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (17kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (397kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
Cover.doc

Download (413kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci: Kecerdasan Visual-Spasial, Hasil Belajar Masalah pokok yang diteliti dalam penelitian ini adalah pengaruh antara Kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika. Karena menurut beberapa teori beberapa persen keberhasilan belajar memang dipengaruhi oleh Kecerdasan visual-spasial. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah pengaruh Kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok siswa kelas VIII SMPN 2 Trenggalek?, 2) Seberapa besar pengaruh Kecerdasan visual terhadap hasil belajar matematika pada materi kubus dan balok pada siswa kelas VIII SMPN 2 Trenggalek?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh Kecerdasan visual spasial terhadap hasil belajar matematika pada Materi Kubus dan Balok siswa kelas VIII SMPN 2 Trenggalek, 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kecerdasan visual terhadap hasil belajar matematika pada Materi Kubus dan Balok siswa kelas VIII SMPN 2 Trenggalek. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 2 Trenggalek mulai dari tanggal 16 April sampai dengan 19 Mei 2012. Dalam penelitian ini populasinya adalah kelas VIII-A, VIII-B, dan VIII-D SMPN 2 dan sampel yang diambil dalam penelitian adalah kelas VIII-B yang berjumlah 33 siswa. Instumrn yang digunakan adalah instrumen kecerdasan visual-pasial dan intrumen hasil belajar . Data Kecerdasan visual-spasial dan data hasil belajar di peroleh dari tes tertulis yang diberikan kepada 33 siswa yang terdiri dari 20 butir soal Kecerdasan visual-spasial dan 5 butir tes hasil belajar matematika. Setelah data diperoleh selanjutnya diadakan beberapa analisis untuk menjawab beberapa hipotesis. Setelah di adakan uji prasyarat peneliti menggunakan uji regresi linear sederhana untuk melihat pengaruh dan menggunakan uji product momen untuk melihat seberapa besar pengaruh, setelah diadakan uji tersebut maka didapat F hitung sebesar 19,16 lebih besar dari F teoritis sebesar 4.15 pada taraf 5% dan 7,50 pada taraf 1%, pada produk momen diperoleh r hitung sebesar 0,62 yang lebih besar dari r tabel yaitu 0,344 pada taraf 5% dan 0,442 pada taraf 1%. Dengan menggunakan koefisien determinasi (r2 x100%) diperoleh KD sebesar 38,44%. Dengan demikian dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan antara Kecerdasan visual-spasial terhadap hasil belajar matematika, dan besarnya presentasi pengaruh tersebut adalah 38,44% dan sisanya 61,56% dipengaruhi oleh faktor lain. Saran bagi peneliti yang akan datang, yang berminat membahas tentang Kecerdasan visual-spasial di sarankan untuk menggunakan materi yang lain, atau kajian yang lain sperti mengukur kecerdasan-kecerdasan yang lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 28 Jan 2015 03:12
Last Modified: 28 Jan 2015 03:12
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/858

Actions (login required)

View Item View Item