PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMK SORE TULUNGAGUNG TAHUN 2017/2018

ANGGARA WAHYU WIDIA WATI PUTRI, 1721143057 (2018) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN NILAI-NILAI RELIGIUS SISWA DI SMK SORE TULUNGAGUNG TAHUN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (179kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (67kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (150kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (750kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (65kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

ABSTRAK Anggara W WidiYati Putri, 1721143057 , Tahun 2018, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Religus Siswa di SMK Sore Tulungagung Tahun 2017/2018”, Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing Hj. Indah Komsiyah.,M.Pd. Kata Kunci:Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Nilai-Nilai Religius Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena bahwa Pendidikan Agama Islam di sekolah dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keberagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Kurang berhasilnya pembelajaran pendidikan agama Islam tersebut disebabkan karena terbatasnya jam pelajaran agama Islam dan lebih banyak pada penyampaian materi, sehingga nilai-nilai religius yang diajarkan akan sulit menyatu pada jiwa peserta didik. Oleh karena itu, untuk mewujudkan agar peserta didik memahami nilai-nilai religius (keagamaan) lebih mendalam, guru Agama berupaya menumbuhkan nilai-nilai religius melalui pengembangan materi pendidikan agama Islam dan peserta didik mengamalkan nilai-nilai religius (keagamaan) dari mata pelajaran pendidikan agama Islam di sekolah. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam sebagai Motivator dalam menumbuhkan nilai-nilai relgius sswa di SMK Sore Tulungagungr? (2)bagaimana guru Pendidikan Agama Islam sebagai Educator dalam menumbuhkan nilai-nilai religius siswa di SMK Sore Tulungaggung? (3)Bagaimana guru Pendidikan Agama Islam sebagai Evaluator dalam menumbuhkan nilai-nilai religius siswa di SMK Sore Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SMK Sore Tulungagung untuk sebagai penanggung jawab dan sumbangan pemikiran dalam menumbuhkannya nilai-nilai religius pada jiwa diri siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan mengumpulkan seluruh data dan penjelasan mengenai sikap guru dalam menumbuhkan nila-nilai religius siswa, kemudian mendeskripsikan data dan menganalisinya. Metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Teknikanalisis data: Reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil penelitian: 1) guru Pendidikan Agama Islam sebagai motivator itu kaitannya sangat penting dalam bidang keagamaan. Motivasi-motivasi yang diberikan bermacam-macam berupa dorongan, cerita-cerita inspriratif. 2) tentang guru sebagai educator, guru hendaknya selalu memberi contoh yang baik bagi siswanya. Apa yang dicontohkan baik, maka akan membuahkan hasil yang baik pada jiwa siswa. 3) guru Pendidikan Agama Islam sebagai evaluator, yaitu sikap guru mengevaluasi dalam segala aspek kognitif, afektif dan psikomotorik harus berjalan bersama-sama demi meraih hasil yang maksimal dalam pembelajaran. Guru memiliki tugas dan tanggung jawab dalam meningkatkan kognitif siswa, akan tetapi guru juga harus membentuk dan membina akhlak siswa sehingga terwujud nilai-nilai religius Islami.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143057 ANGGARA WAHYU WIDIAWATI PUTRI
Date Deposited: 10 Oct 2018 01:49
Last Modified: 10 Oct 2018 01:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8563

Actions (login required)

View Item View Item