PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM NGENTRONG TULUNGAGUNG

ABDUL ZAINAL MUTAQIN, 1725143001 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM NGENTRONG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (529kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (400kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (345kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (93kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Tulungagung” ini ditulis oleh Abdul Zainal Mutaqin, NIM. 1725143001. Pembimbing Dr. H. Zaini, S.Ag., M.PdI Kata Kunci :Model Problem Based Learning, Minat dan Hasil Belajar Latar belakang rendahnya minat dan hasil belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa peneliti menerapkan Media Problem Based Learning dalam proses pembelajaran. Peneliti ini dilaksanakan di MI Darussalam Ngentrong Tulungagung. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung ? 2) Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung? 3) Bagaimana Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung ? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Bandung Tulungagung Tulungagunng. 2) Untuk menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagunng. 3) Untuk menelaah Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa MI Darussalam Ngentrong Campurdarat Tulungagung. Metode penelitian kuantitatif, jenis penelitiannya eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 479 siswa. Pengampilan sampel menggunaka purposive sampling, dengan kelas V A sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, 2) angket, 3) observasi, dan 4) dokumentasi. Instrumen penelitian berupa angket untuk mengukur minat belajar siswa dan tes untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validasi dan reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan uji Independent Sample Test yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap minat siswa MI Darussalam Ngentrong. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji t minat siswa sebesar 0,818 dengan nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000. Sedangkan hasil penelitian pada hasil belajar siswa dengan nilai t sebesar 0,426 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,672. Maka dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh model problem based learning terhadap minat dan hasil belajar siswa MI Darussalam Ngentrong Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143001 ABDUL ZAINAL MUTAQIN
Date Deposited: 01 Aug 2018 03:39
Last Modified: 01 Aug 2018 03:39
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8548

Actions (login required)

View Item View Item