STRATEGI GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN SISWA MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG

AGUS RAHMAN, 1721143018 (2018) STRATEGI GURU AL-QURAN HADIST DALAM MENGATASI KESULITAN MEMBACA AL-QURAN SISWA MTs NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (649kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Al-Quran Hadist dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Al-Quran Siswa MTs Negeri4 Tulungagung”, ini ditulis oleh Agus Rahman, NIM 1721143018, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah. M.Pd Kata Kunci: StrategiPembelajaran, Membaca AL-Quran Penelitian ini dilatar belakangi dengan pentingnya kedudukan Al-Quran dalam kehidupan Manusia kususnya umat Muslim sehingga mendorong umat untuk bisa dan senantiasa membaca Al-Quran, tapi dalam prakteknya ada beberapa orang yang masih kesulitan dalam membaca Al-Quran dan tak terkecuali beberapa siswa MTs negeri 4 Tulungagung yang tidak jarang di antara mereka masih kesulitan dalam membaca Al-Quran. Maka dibutuhkan pembelajaran yang lebih baik daripara guru karena Al-Quran adalah tuntunan hidup bagi umat muslim agar dapat selamat di dunia dan akhirat. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Al-Quran Hadist dalam Mengatasi kesulitan Menerapkan Tajwid untuk Membaca Al-Quran Siswa MTS Negeri 4 Tulungagung (2) BagaimanaStrategi Guru Al-Quran Hadist dalam Mengatasi kesulitan Menerapkan Makharijul huruf unruk Membaca Al-Quran Siswa MTS Negeri 4 Tulungagung(3) bagaimana Strategi Guru Al-Quran Hadist dalam Mengatasi kesulitan Membaca Al-Quran secara Fhasohah Siswa MTS Negeri 4Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif, lokasinya di MTs Negeri 4 Tulungagung, sumberdatanya dari Primer, dan Skunder, teknik pengumpulan datanya Observasi, Wawancara, Dokumentasi, dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasilpenelitian di MTs Negeri 4 Tulungagung penulis menyimpulkan bahwa:(1) Strategi Guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan menerapkan tajwid untuk membaca Al-Quran Siswa strategi yang di gunakan guru disini yaitu menggunakan metode ceramah untuk menjelaskan materi secara detail kepada siswa kemudian keberadaan guru sebagai tutor disamping guru memberikan penjelasan secaralisan guru juga memberikan bimbingan berupa praktik langsung agar siswa dapat lebih paham tengtang pembelajaran yang sedang di pahami dan juga memberikan tugas kepada siswa untuk upaya mengetes seberapa jauh siswa memahami materi serta sebagai upaya agar siswa dapat berfikir kritis. (2) Strategi Guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan menerapkan makharijul huruf untuk membaca Al-Quran Siswa dalam praktiknya guru menggunakan metode Iqra’ sebagai upaya memberikan pembelajaran berupa dasar-dasar mengenal dan membaca makharijul huruf kemudian metode sorogan disini siswa bergiliran satu persatu belajar langsung di depan gurunya hal ini juga dapat membantu guru untuk lebih memahami karakter siswa per individu lalu memberikan jug menghafal kepada siswa agar siswa dapat selalu mengingat-ingat materi yang telah di pelajarinya dengan menghafalakan merangsang siswa untuk lebih memahami materi. (3) Strategi Guru Al-Quran Hadist dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Quran secara fhasohah Siswa guru memberikan upaya berupa pembiasan membaca Al-Quran yaitu setiap pagi sebelum pembelajaran jam pertama dimulai, khataman Al-Quran setiap hari jumat bergilir perkelas, juga penambahan mata pelajaran membaca Al-Quran, kemudian penggunaan metode klasikal baca simak dimana siswa di suruh membaca yang langsung disimak oleh guru dan teman-temannya dengan usaha ini akan merangsang siswa untuk lebih bersunggu-sunggu karena di simak langsung oleh temannya juga dengan mengadakan kerjasama dengan orangtua agar dapat mengontrol siswa ketika sudah tidak di sekolah lagi karena akan percuma pembelajaran jika di rumah siswa tidak pernah mempelajarinya lag

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143018 AGUS RAHMAN
Date Deposited: 30 Jul 2018 04:29
Last Modified: 30 Jul 2018 04:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8541

Actions (login required)

View Item View Item