IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI TULUNGAGUNG (Studi Multi Situs di SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung)

SITI ASROFAH, 17505164043 (2018) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PAI DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI TULUNGAGUNG (Studi Multi Situs di SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung). [ Thesis ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (211kB)

Abstract

ABSTRAK Asrofah, Siti, 2018.Implementasi Pembelajaran PAI dengan Pendakatan Saintifik di Tulungagung” (Studi Multi Situs di SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung).Tesis.Pascasarjana IAIN Tulungagung, Pembimbing (1) Dr. H. Abdul Manab, M.Ag dan (2) Dr. H. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran PAI, Pendekatan Saintifik Kurikulum yang sekarang ini dianggap pemerintah paling mampu menjadi pandangan baru dalam fokus acuan pendidikanadalah kurikulum 2013. Berbeda dengan dengan kurikulum sebelumnya, kurikulum 2013 dalam perencanaan implementasinya di-klaim dapat memberikan solusi bagi terkendalanya kemajuan bangsa Indonesia melalui guruan karakter yang memiliki pendekatan ilmiah (scientificapproach) sehingga output pendidikan yang dihasilkan akan sesuai dengan harapan. Pendekatan ilmiah (scientific) yang terdiri dari mengamati, menanya,menalar, mencoba dan mengkomunikasikan.Jika dilihat dari langkah-langkah pendekatan saintifik, sepertinya akan mudah jika pendekatan ini diterapkan dalam mata pelajaran sains karena di dalamnya memang merupakan langkah-langkah yang sering digunakan dalam sains, seperti mengamati objek, mencari informasi, menalar, mencoba, dan seterusnya. Namun, bagaimana jika penerapan pendekatan ini diterapkan pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah mendiskripsikan cara guru dalam mengimplementasikan pembelajaran PAI dengan pendekata sintifik pada peserta didik kelas V Studi Multi Situs di SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung. Adapun pertanyaan penelitiannya sebagai berikut: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik pada kelas V di SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung? (2) Bagaimana penerapan pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik pada kelas V di SDN 1 Sumbergempol Sumberdadi dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran PAI dengan pendekatan saintifik pada kelas V di SDN 1 Sumberdadi Sumbergempol dan SD Negeri Purworejo I Ngunut Tulungagung?. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jika ditinjau dari sudut kemampuan atau kemungkinan penelitian dapat memberikan informasi atau penjelasan maka penelitian ini termasuk penelitian termasuk penelitian deskriptif.Jenis penelitannya menggunakan rancangan studi Situs.Sumber data diidentifikasikan menjadi 3 yaitu person, place, dan paper.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi.Analisis data Situs tunggal dilakukan melaluai pengumpulan datadan membuat catatan-catatan, deskripsi dan mengklasifikasi data, representasi dan visualisasi, serta analisis data lintas Situs.Untuk menguji data digunakan keabsahan data menggunakan uji kredibilitas data, uji transferabilitas, uji dependabilitas, uji konfirmabilitas. Hasil penelitannya adalah (1) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN 1 Sumberdadi dan SD Negeri Purworejo I yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran berupa program tahunan, program semester, silabus, dan RPP.(2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN 1 Sumberdadi dan SD Negeri Purworejo I meliputi tiga tahapan utama yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (mengamati, menanya, menalar, mencoba, dan mengomunikasikan), dan kegiatan penutup. (3) Evaluasi pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan saintifik di SDN 1 Sumberdadi dan SD Negeri Purworejo I adalah evaluasi proses dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam
Depositing User: 2817123147 SITI ASROFAH
Date Deposited: 30 Jul 2018 03:25
Last Modified: 30 Jul 2018 03:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8538

Actions (login required)

View Item View Item