PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR

AHMAD KHOIRUL UMAM, 1721143027 (2018) PENGARUH PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VIII DI MTs NEGERI 2 KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VIII di MTs Negeri 2 Kota Blitar” ini ditulis oleh Ahmad Khoirul Umam, NIM 1721143027, pembimbing Lailatuzz Zuhriyah, M.Fil.I Kata kunci: Sumber Belajar dan Hasil Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diketahuinya tingkat perhatian guru terhadap sumber belajar, pemanfaatan sumber belajar yang tersedia di sekolah belum maksimal, belum diketahuinya korelasi antara sumber belajar terhadap hasil belajar siswa, belum diketahuinya faktor yang mempengarui hasil belajar, dan hasil belajar siswa secara kumulatif belum maksimal. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar? (2) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa perpustakaan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar? (3) Adakah pengaruh pemanfaatan sumber belajar berupa video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTsN 2 Kota Blitar? Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian adalah ex-post facto digunakan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi, kemudian meruntut ke belakang untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat menimbulkan hal tersebut. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Kota Blitar yang berjumlah 366 siswa. Sedangkan teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 79 siswa. Sedangkan instrumen dalam pengumpulan data peneliti menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar berupa kinerja guru terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung > t_tabel (-2,012>1,991). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan sumber belajar guru adalah 0,048 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,048 (0,048<0,05). 2) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar berupa perpustakaan terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Kota Blitar. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung > t_tabel (-2,153>1,991). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan sumber belajar perpustakaan adalah 0,034 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,034 (0,034<0,05). 3) Ada pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan sumber belajar berupa video pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Kota Blitar tahun ajaran 2017/2018. Hal ini ditunjukkan oleh nilai t_hitung > t_tabel (-2,084>1,991). Nilai signifikansi t untuk variabel penggunaan sumber belajar guru adalah 0,040 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada probabilitas 0,040 (0,040<0,05). Dengan demikian, semua pengujian menunjukkan H_0 ditolak dan H_a diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di MTs Negeri 2 Kota Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143027 AHMAD KHOIRUL UMAM
Date Deposited: 30 Jul 2018 06:37
Last Modified: 30 Jul 2018 06:37
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8514

Actions (login required)

View Item View Item