IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG

RIESKA SEVENTINA, 1725143244 (2018) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS IV DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (301kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
Text
BAB 3.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5.pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 6.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (127kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rieska Seventina, 1725143244, Implementasi Pendekatan Saintifik Kelas IV di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: Dr. H. Syamsun Niam, M.Ag Kata Kunci: Implementasi, Pendekatan Saintifik Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya perubahan dan pembaharuan dalam dunia pendidikan mengiringi perubahan globalisasi yang semakin pesat. Salah satu pembaharuan yang dilakukan pemerintah untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas yaitu dengan hadirnya Kurikulum 2013 yang menekankan pada pembentukan karakter peserta didik. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk membentuk karakter siswa adalah dengan menggunakan pendekatan saintifik. Kurikulum 2013 dengan pendekatan saintifik ini mulai diterapkan secara serentak pada tahun ajaran 2014/2015. Akan tetapi, fakta dilapangan menunjukkan masih ada kelemahan-kelemahan yang perlu dikaji ulang dan diperbaiki. Fokus penelitian dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana implementasi pendekatan saintifik?, (2) Bagaimana hambatan implementasi pendekatan saintifik?, (3) Bagaimana solusi hambatan implementasi pendekatan saintifik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan implementasi pendekatan saintifik, (2) Untuk mendeskripsikan hambatan implementasi pendekatan saintifik, (3) Untuk mendeskripsikan solusi hambatan implementasi pendekatan saintifik di SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian studi kasus, Kehadiran peneliti di lapangan sebagai instrumen kunci dalam mengumpulkan data, Tempat penelitian adalah SDI Miftahul Huda Plosokandang Tulungagung, Sumber data penelitian dibagi menjadi 3 yaitu people (orang), place (tempat), dan paper (kertas). Ketiga sumber data tersebut digunakan untuk saling melengkapi informasi dan data, Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (verifikasi), Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini meliputi keterpercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi pendekatan saintifik sudah berjalan dengan baik, siswa tampak antusias dan aktif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, (2) hambatan implementasi pendekatan saintifik terdiri dari hambatan internal yaitu guru harus mengetahui isu-isu aktual dan perilaku siswa yang “aktif tanpa batas” dan hambatan eksternal yaitu buku ajar yang tidak sampai sekolah tepat waktu, (3) solusi hambatan implementasi pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dan pihak sekolah yaitu melengkapi koleksi buku perpustakaan, menyediakan jaringan internet wifi, melakukan pendekatan khusus pada siswa, dan mengikuti kegiatan musyawarah KKG.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143244 RIESKA SEVENTINA
Date Deposited: 02 Aug 2018 02:05
Last Modified: 02 Aug 2018 02:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8510

Actions (login required)

View Item View Item