PENGGUNAAN METODE CERAMAH, DISKUSI, TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MIFTAHUN NIKMAH, 1721143233 (2018) PENGGUNAAN METODE CERAMAH, DISKUSI, TANYA JAWAB DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR AKIDAH AKHLAK MTs IMAM AL GHOZALI PANJEREJO REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (745kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (503kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (363kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (563kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (555kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (155kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (265kB)

Abstract

ABSTRAK Miftahun Nikmah, NIM. 1721143233, “Penggunaan Metode Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Minat Belajar Akidah Akhlak MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung”. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Dosen pembimbing Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M.Ag. Kata Kunci: Metode Ceramah, Diskusi, Tanya Jawab, Minat Belajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh penggunaan metode ceramah, diskusi, tanya jawab yang di gunakan dalam proses pembelajaran Akidah Akhlak guna meningkatkan minat belajar siswa. Bahwa pendidikan memiliki fungsi sebagai pendorong atau pengantar peserta didik dalam mengembangkan potensi yang ada dalam dirinya, untuk menjadi manusia yang lebih baik, karena setiap individu memiliki ciri khasnya sendiri-sendiri. Minat belajar merupakan suatu hal yang penting dalam setiap pembelajaran untuk menentukan keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar. Dengan kata lain bahwa kesesuian guru dalam mengajar serta minat belajar yang di miliki oleh setiap siswa menuntut kemungkinan atas tercapainya tujuan dari pembelajaran. Sehingga penggunaan metode mengajar yang di gunakan guru dapat meningkatkan minat belajar siswa. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penggunaan metode ceramah dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana penggunaan metode diskusi dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? (3) Bagaimana penggunaan metode tanya jawab dalam meningkatkan minat belajar akidah akhlak MTs Imam Al Ghozali Panjerejo Rejotangan Tulungagung? Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu di laksanakan di MTs Imam Al Ghozali Panjerejo dengan menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif. Metode yang di gunakan untuk memperoleh data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang di gunakan adalah reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, penggunaan metode ceramah dapat meningkatkan minat belajar akidah akhlak karena siswa sangat bersemangat dalam mendengarkan guru ketika menyampaikan materi, dan siswa mencatat hal-hal penting walaupun guru tidak menyuruhnya. Kedua, penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan minat belajar akidah akhlak karena dapat dilihat bahwa siswa sangat aktif dan berantusias dalam berdiskusi, dan siswa dapat berfikir kritis dalam menyampaikan pendapat maupun saran. Ketiga, penggunaan metode tanya jawab dapat meningkatkan minat belajar akidah akhlak karena penggunaan metode ini membuat siswa dapat memahami materi dan aktif dalam mengutarakan pertanyaan dan pendapat pada proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143233 MIFTAHUN NIKMAH
Date Deposited: 26 Jul 2018 06:43
Last Modified: 26 Jul 2018 06:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8502

Actions (login required)

View Item View Item