PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI Al-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

PUJI ASTUTI, 1721143332 (2018) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BIDANG STUDI Al-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTsN 5 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (977kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (465kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (727kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (744kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Puji, Astuti 1721143332, 2018, “Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Bidang Studi Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTsN 5 Tulunggung Tahun Ajaran 2017/2018”. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Isntitut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Hj. Sulistyorini, M.Ag. Kata Kunci: Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai macam permasalahan yang dialami siswa dalam aktifitas belajar al-qur’an hadits.Permasalahan tersebut dapat berasal dari luar atau dalam diri siswa itu sendiri.Sehingga dibutuhkan dorongan untuk dapat menghadapi berbagai masalah yang dihadapi dalam aktifitas belajar.Motivasi merupakan konsep mengenai bagaimana seseorang dapat meningkatkan kualitas kepribadiannya sehingga dapat mengatasi segala macam permasalahan yang sedang dihadapi. Dengan keberadaan motivasi seseorang akan mampu menghadapi dan mengatasi segala hambatan khususnya dalam belajar al-qur’an hadits. Sehingga pada gilirannya akan memberikan pengaruh pada kualitas belajar dan hasil belajar al-qur’an hadits yang diraih di sekolah. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa bidang studi al-qur’an hadits kelas VIII MTsN 5 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa pada bidang studi Al-Qur’an Hadits di MTsN 5 Tulungagung. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII Semester I MTs Negeri 5 Tulungagung tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 7 kelas. Dengan menggunakan random sampling diperoleh dua kelas sebagai kelas sampel yaitu kelas VIII A dan VIII D. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan angket, dokumentasi, wawancara serta observasi. Setelah penulis mengadakan penelitian menggunakan beberapa metode di atas, selanjutnya penulis menganalisis data hasil penelitian dengan rumus analisis regresi linier sederhana. Pada rumusan masalah satu diperoleh nilai Fhitung = 4,736 kemudian nilai tersebut dibandingkan dengan Ftabel = 1,297 pada taraf signifikansi 5% nilai signifikansi t untuk variabel motivasi belajar (X) adalah 0,000 dan nilai tersebut lebih kecil daripada probabilitas. Dengan demikian Fhitung >Ftabel Sehingga dalam pengujian ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini berarti bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar (X) terhadap prestasi belajar siswa (Y).Pada rumusan masalah kedua besar pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas viii bidang studi al-qur’an hadits di MTsN 5 Tulungagung sebesar 29,4%

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143332 PUJI ASTUTI
Date Deposited: 26 Jul 2018 07:05
Last Modified: 26 Jul 2018 07:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8496

Actions (login required)

View Item View Item