PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN FIKIH PADA KURIKULUM 2013 DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG

SITI NI’MATUS SA’ADAH, 1721143378 (2018) PELAKSANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN FIKIH PADA KURIKULUM 2013 DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (490kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (58kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (451kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (359kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Evaluasi Pembelajaran Fikih Pada Kurikulum 2013 di MTs Negeri Ngantru Tulungagung” ini ditulis oleh Siti Ni’matus Sa’adah, NIM. 1721143378, pembimbing Dr. Hj. Nurul Hidayah, M.Ag. Kata Kunci : Pelaksanaan Evaluasi, Kurikulum 201 3 Penelitian ini dilatar belakangi karena di Indonesia memulai penerapan Kurikulum 2013 pada setiap jenjang pendidikan. Penerapan Kurikulum 2013 pada pembelajaran tidak sesingkat guru menyampaikan materi pembelajaran. Melainkan, guru harus memantau perkembangan siswa pada setiap ranah perkembangannya, yaitu afektif, kognitif dan psikomotorik. Metode untuk memantau perkembangan siswa dapat dilakukan dengan menggunakan evaluasi pembelajaran pada setiap Kompetensi. Maka dari itu, guru Fikih MTs Negeri Ngantru Tulungagung menerapkan evaluasi pembelajaran sesuai acuan pada Kurikulum 2013 untuk melihat sejauh mana perkembangan siswa pada setiap ranahnya. Kurikulum 2013 menekankan pada pembentukan karakter siswa, sehingga sikap siswa menjadi sorotan utama. Maka, madrasah menerapkan Hidden curiculum untuk menanamkan sikap siswa dalam mencapai pendidikan karakter. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1. Bagaimana monitoring dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fikih pada Kurikulum 2013 di MTs Negeri Ngantru Tulungagung? 2. Bagaimana penskoran dalam pengolahan data evaluasi pembelajaran Fikih pada Kurikulum 2013 di MTs Negeri Ngantru Tulungagung? 3. Bagaimana pelaporan hasil evaluasi pembelajaran Fikih pada Kurikulum 2013 di MTs Negeri Ngantru Tulungagung? Skripsi ini bermanfaat bagi kepala dan guru MTs Negeri Ngantru Tulungagung sebagai bahan referensi untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan hingga pelaporan evaluasi pembelajaran Fikih pada Kurikulum 2013 di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. Bagi peserta didik dapat membantu mengetahui seberapa jauh mereka menguasai materi yang disampaikan oleh guru dan dapat merubah sikap sesuai pada penerapan pembelajaran Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Data deskriptif adalah data yang berupa kata-kata, kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterpretasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan atau verifikasi. Dan teknik keabsahan data menggunakan Triangulasi, Perpanjangan keikursertaan dan pemeriksaan sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: Pertama, guru melakukan monitoring pada pelaksanaan evaluasi disesuaikan dengan jenis evaluasi pada setiap Kompetensi Inti (KI) menggunakan instrumen penilaian, seperti penilaian diri, penilaian antar teman, observasi, portofolio, dll. Kedua, guru melakukan penskoran menggunakan acuan penskoran pada Kurikulum 2013. Ketiga, pelaporan data pada setiap Kompetensi Inti (KI) dilaporkan melalui raport pada evaluasi sumatif.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143378 SITI NI’MATUS SA’ADAH
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:41
Last Modified: 26 Jul 2018 02:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item