KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 01 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

TITIK CARINA, 1721143395 (2018) KOMPENTENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PERENCANAAN EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 01 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (87kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Perencanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Titik Carina, NIM 1721143395, dibimbing oleh Prof. Dr. H. Imam Fu’adi, M. Ag. Kata Kunci: Pedagogik, Guru, Perencanaan Evaluasi Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran yang dilihat dari bagaimana proses perencanaan evaluasi itu sendiri dilaksanakan oleh guru. Melihat beberapa fakta dalam dunia pendidikan bahwa pada masa ini masih ditemukan suatu kondisi dimana peserta didik merasa kesulitan untuk memahami maksud dari soal evaluasi yang sering mereka kerjakan ketika evaluasi dan juga ada beberapa pertanyaan yang multitafsir sehingga membuat kemungkinan pemberian jawaban yang bersifat ganda akan tetapi di dalam kriteria penilaian hanya ada satu jenis jawaban yang benar. SMPN 1 Sumbergempol menyadari pentingnya membuat soal yang baik dan kemudian guru melaksanakan perencanaan evaluasi sehingga nanti soal yang diujikan dapat dipahami dengan baik oleh peserta didik Maka dengan ini peneliti mengangkat sebuah judul Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Perencanaan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII Di SMPN 1 Sumbergempol. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam melaksanakan langkah-langkah perencanaan evaluasi itu sendiri yaitu 1. Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap penentuan tujuan penilaian pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol? 2. Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap pengidentifikasian kompetensi dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol? 3. Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap penyusunan kisi-kisi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol? 4. Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap pengembangan draf instrumen pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol? 5. Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap uji coba dan analisis soal pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol? Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap menentukan tujuan penilaian pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. 2. Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap mengidentifikasi kompetensi dan hasil belajar pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. 3. Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap menyusun kisi-kisi pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. 4. Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap mengembangkan draf instrumen pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. 5. Untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap uji coba dan analisis soal pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas VII SMPN 1 Sumbergempol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipatif dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis induktif, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan pengamatan, perpanjangan pengamatan, triangulasi metode dan triangulasi penyidik, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian bahwa kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMPN 1 Sumbergempol sebagai berikut: 1. Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan evaluasi tahap menentukan tujuan penilaian adalah cukup baik yaitu dilakukan dengan cara melihat tuntutan kompetensi dasar (KD), mempertimbangkan ranah (domain) kompetensi peserta didik, mempertimbangkan kondisi nilai peserta didik. 2. Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan evaluasi tahap mengidentifikasi kompetensi peserta didik cukup baik yaitu dilakukan dengan cara melihat standar kompetensi, kompetensi dasar. 3. Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan evaluasi tahap membuat kisi-kisi cukup baik karena dilaksanakan dengan cara analisis silabus, menyusun-kisi-kisi, membuat soal, membuat kunci jawaban, dan menyusun pedoman penskoran. 4. Kompetensi pedagogik guru dalam merencanakan evaluasi tahap pengembangan draf instrumen cukup baik tetapi kurang sempurna, dilaksanakan dengan cara kisi-kisi mengembangkan kisi-kisi tersebut menjadi beberapa instrumen tes dengan beberapa bentuk yaitu bentuk tes pilihan ganda, uraian, dan tes perbuatan (untuk domain psikomotorik) akan tetapi tidak diuji validitas oleh validator melainkan langsung diuji cobakan dan dianalisis butir soalnya oleh guru yang membuat. 5. Kompetensi pedagogik guru dalam perencanaan evaluasi pembelajaran tahap uji coba dan analisis butir soal cukup baik dilaksanakan dengan melaksanakan uji coba yang sesuai dengan ketentuan uji coba Kemudian pelaksanaan analisis butir yang dilakukan adalah dengan analisis tingkat kesukaran soal dan analisis daya beda soal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143395 TITIK CARINA
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:07
Last Modified: 14 Aug 2018 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8456

Actions (login required)

View Item View Item