PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPRDARAT TULUNGAGUNG

AHMAD ANWAR GHOZALI, 2817133005 (2018) PENERAPAN METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH PESERTA DIDIK KELAS V MI DARUSSALAM NGENTRONG CAMPRDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (330kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (198kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (768kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (57kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (75kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Picture and Pictuure dengan Media Komik untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih Peserta Didik Kelas IV MI DARUSSALAM Ngentrong Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017”. Skripsi ini ditulis oleh Ahmad Anwar Ghozali, NIM. 2817133005, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan PGMI, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Agus Purwowidodo, M.A. Kata Kunci: Metode Picture and Picture, Media Komik, Prestasi Belajar FIQIH. Penelitianini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran FIQIH disekolah, yang prestasi belajar siswa masih relative rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penggunaan metode picture and picture dengan media komik. Penggunaan metode picture and picture dengan media komik dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar, sehingga prestasi belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)Bagaimana peningkatan kerja sama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran Fiqih materi haji melalui penerapan metode pembelajaran Picture and picture dengan media komik kelas V MI Darussalam Ngentrong Tulungagung? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran fiqih materi haji melalui penerapan metode pembelajaran Pictue and picture dengan media komik kelas V MI Darussalam Ngentrong Tulungagung? (3) Bagaimana peningkatan hasil belajar Fiqih materi Haji melalui penerapan MetodePicture and picture dengan Media komikkelas V MI Darussala Ngentrong Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk meningkatkan kerjasama peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan Metode Picture and picture dengan Media Komik pada mata pelajaran Fiqih materi haji kelas V MI Darussalam Ngentrong Tulungagung.(2) Untuk meningkatkan keaktifan belajar pesertadidik melalui penggunaan Metode Picture and picturedengan Media Komik pada mata pelajaran Fiqih materi haji kelas V MI Darussalam Ngentrong Tulungagung. (3) Untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan metode picture and picture dengan media komik pada mata pelajaran Fiqih materi haji kelas V MI Darussalam Ngentrong Tulungagung. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V MI Darussalam Ngentrong Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didikm encapai 75% daritujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Adapun peningkatan kerjasama peserta didik meliputi: a) siswa dibentuk dalam beberapa kelompok, b) sisiwa mengerjakan soal bersama kelompoknya, c) siswa mempresentasikan hasil jawabannya. Untuk peningkatan keaktifan peserta didik meliputi berbagai cara yaitu: a) pemberian pertanyaan kepada siswa, b) siswa dengan tanggap menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, c) peserta didik merespon cepat pertanyaan dari guru. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode picture and picture dengan media komik dapat meningkatkan prestasi belajar FIQIH. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan prestasi belajar siswa dari siklus I kesiklus II yaitunilai rata-rata hasil belajar pada tes akhir siklus I adalah 64,23 (53,85%) yang berada pada criteria cukup baik, sedangkan pada tes akhir siklus II adalah 81,63 (88,89%) danberadapadakriteriabaik. Hal ini menunjukkan peningkatan sebesar 17,40. Dari data tersebut terlihat bahwa penerapan metode picture and picture dengan media komik dapat meningkatkan prestasi belajar FIQIH materi Haji V di MI Darussallam Ngentrong Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817133005 AHMAD ANWAR GHOZALI
Date Deposited: 26 Jul 2018 02:09
Last Modified: 26 Jul 2018 02:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8438

Actions (login required)

View Item View Item