PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SRL (SELF REGULATED LEARNING) SISWA KELAS VIII PADA MATERI PYTHAGORAS DI MTs DARUSSALAM ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2017/2018

DEVI PINASTI MUMPUNI, 1724143071 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5 FASE TERHADAP HASIL BELAJAR DAN SRL (SELF REGULATED LEARNING) SISWA KELAS VIII PADA MATERI PYTHAGORAS DI MTs DARUSSALAM ARYOJEDING TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (414kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (282kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (92kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

ABSTRAK Devi Pinasti Mumpuni, 1724143071, 2018, “Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase terhadap Hasil Belajar dan Self Regulated Learning (SRL) pada Siswa Kelas VIII Materi Pythagoras di MTs Darussalam Aryojeding Tahun Ajaran 2017/2018” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kegurua, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Learning Cycle 5 Fase, Hasil Belajar, Self Regulated Learning (SRL) Pada dasarnya setiap individu sejak kecil telah memiliki kemampuan untuk mengkonstruksi pengetahuannya sendiri. Pengetahuan yang dikonstruksi oleh anak sebagai subjek, maka akan menjadi pengetahuan yang bermakna, sedangkan pengetahuan yang hanya diperoleh melalui proses pemberitahuan tidak akan menjadi pengetahuan yang bermakna. Pengetahuan tersebut hanya untuk diingat sementara setelah itu dilupakan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah rendahnya nilai postest pelajaran matematika dan rendahnya keaktifan, kemandirian siswa, dan rasa percaya diri siswa. Peneliti menggunakan model pembelajaran Leaning Cycle 5 Fase yang terdiri dari 5 tahapan pembelajaran sehingga siswa dapat berkreasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: a) pengaruh model learning cycle 5 fase terhadap hasil belajar; b) pengaruh model learning cycle 5 fase terhadap Self Regulated Learning (SRL) c) pengaruh model learning cycle 5 fase terhadap hasil belajar dan Self Regulated Learning Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian true eksperimen dengan Postest-only Control Group Desaign. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA sebagai kelas kontrol dan VIIIB sebagai kelas eksperimen di MTs Darussalam Aryojeding. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Tes berfungsi untuk mengukur hasil belajar siswa pada bab Pythagoras, sedangkan angket digunakan untuk mengukur kemampuan SRL siswa. Angket yang digunakan peneliti adalah angket ahli dari Zimmerman. Dimana keduanya akan diuji MANOVA (Multivariate of Varians) Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 5 Fase terhadap hasil belajar dan self regulated learning (SRL) siswa kelas VIII pada materi Pythagoras di MTs Darussalam Aryojeding Tahun Ajaran 2017/2018. Uji Manova yang diperoleh menunjukkan nilai signifikansi 0,0000 < 0,05 sehingga ada pengaruh yang signifikan model Learning Cycle 5 Fase terhadap hasil belajar dan Self Regulated Learning siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143071 DEVI PINASTI MUMPUNI
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:27
Last Modified: 23 Jul 2018 04:27
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8434

Actions (login required)

View Item View Item