PROSES BERPIKIR SISWA FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN DITINJAU BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VII G MTsN 2 TULUNGAGUNG

LAILI NUR FITRIA, 1724143132 (2018) PROSES BERPIKIR SISWA FIELD INDEPENDENT DALAM MENYELESAIKAN SOAL PERBANDINGAN DITINJAU BERDASARKAN GENDER PADA SISWA KELAS VII G MTsN 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (468kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (896kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Proses Berpikir Siswa Field Independent Dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan Ditinjau Bedasarkan Gender Pada Siswa Kelas VII G MTsN 2 Tulungagung” ini ditulis oleh Laili Nur Fitria, NIM. 1724143132, pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd. Kata Kunci : Proses Berpikir, Field Independent, Penyelesaian masalah, Gender Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa proses berpikir yang dimiliki oleh setiap siswa laki-laki dan perempuan (gender) dalam menyelesaikan suatu masalah berbeda. Peneliti mengambil subyek penelitian dengan gaya kognitif field independent untuk mengetahui mengenai proses berpikirnya karena peneliti beranggapan adanya gaya kognitif dalam hal ini field independent belum tentu memiliki proses berpikir yang sama sehingga peneliti sangat tertarik untuk meneliti proses berpikir yang dimiliki siswa laki-laki dan perempuan field independent kelas VII G di MTsN 2 Tulungagung dalam menyelesaikan masalah. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah mengenai bagaimana proses berpikir siswa laki-laki dan perempuan dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII G MTsN 2 Tulungagung. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan proses berpikir siswa laki-laki dan siswa perempuan field independent dalam menyelesaikan soal perbandingan di kelas VII G MTsN 2 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif karena pada skripsi ini peneliti berusaha mendeskripsikan proses berpikir yang dimiliki siswa field independent laki-laki dan siswa field independent perempuan dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Subyek dalam penelitian ini adalah 6 siswa field independent yang terdiri dari 3 siswa laki-laki field independent dan 3 siswa perempuan field independent yang kemudian diteliti untuk mengetahui proses berpikirnya dalam menyelesaikan suatu masalah matematika. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara. Tes yang digunakan terdiri dari 2 jenis yaitu tes GEFT sebagai tes pengukur gaya kognitif dan tes penyelesaian masalah matematika serta wawancara digunakan untuk mengetahui lebih dalam smengenai proses berpikir subyek field independent. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa siswa laki-laki dan perempuan yang bergaya kognitif field independent ternyata belum tentu memiliki proses berpikir yang sama dalam menyelesaikan soal tertentu pada permasalahan matematika khususnya materi perbandingan. Siswa laki-laki dengan gaya kognitif field independent yaitu subyek FIL1, FIL2 dan FIL3 dalam menyelesaikan soal materi perbandingan menggunakan proses berpikir konseptual atau semi konseptual tergantung kriteria soal yang diberikan. Adapun Siswa perempuan dengan gaya kognitif field independent yaitu subyek FIP1, FIP2 dan FIP3 dalam menyelesaikan soal materi perbandingan juga menggunakan proses berpikir konseptual atau semi konseptual tergantung juga dari kriteria soal yang diberikan. Hal ini dapat diketahui secara rinci berdasarkan hasil analisis peneliti mengenai proses berpikir yang dimiliki oleh subyek field independent.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143132 LAILI NUR FITRIA
Date Deposited: 23 Jul 2018 04:26
Last Modified: 23 Jul 2018 04:26
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8433

Actions (login required)

View Item View Item