UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD HASANUDIN, 1725143192 (2018) UPAYA KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH IBTIDA’IYAH HIDAYATUL MUBTADI’IN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (560kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (130kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (31kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Upaya Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung” ditulis oleh Muhammad Hasanudin Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci: Upaya Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan. Penelitian membahas tentang Upaya Kepala Madrasah dalam meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian yang akan di uji dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in wates Sumbergempol Tulungagung ? 2) Bagaimana pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Wates sumbergempol Tulungagung ? 3) Bagaimana dampak upaya kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung ? Tujuan Penelitian adalah untuk : 1) Mengetahui Bagaimana perencanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in wates Sumbergempol Tulungagung. 2) Menegetahui Bagaimana pelaksanaan strategi kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Wates sumbergempol Tulungagung. 3) Mengetahui Bagaimana dampak upaya kepala madrasah dalam peningkatan mutu pendidikan di Madrasah Ibtida’iyah Hidayatul Mubtadi’in Wates Sumbergempol Tulungagung. Metode penelitian yang di gunakan adalah penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif. pengecekan keabsaan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : (1) perencanaan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: a) Meningkatkan ke disiplinan b) Meningkatkan profesionalitas guru sebagai seorang pendidik. c) Menambah program–program yang berkaitan dengan tujuan madrasah. d) Menyusun program tahunan dan program semester. e) Melengkapi/menambah sarana prasarana. f) Menjalin hubungan sosial/kerja sama dengan orang tua siswa. (2) pelaksaan strategi kepala madrasah: a) meningkatkan kedisiplinan diri sendiri dan warga masyarakat. b) mendelegasikan guru untuk mengikuti worksop dan membuat agenda workshop dengan madrasah lain. c) program bimbingan belajar, pembelajaran komputer, dan hafalah surat Yasin dan surat-surat pendek juz 30. d) munyusun seluruh program dan agenda dengan bapak ibu guru dalam satu tahun ajaran yang akan di laksanakan. e) menambah sarana dan prasarana. f) memberikan buku kendali untuk siswa dan membentuk suatu paguyupan belajar kelompok. (3) dari berbagi upaya kepala madrasah mempunyai dampak sebagai berikut: a) meningkatnya kedisiplinan seluruh warga madrasah b) bertambahnya wawasan danpengalaman guru dalam memberikan pelajaran. c) meningkatnya kemampuan siswa dalam segi agama dan pelajaran umum. d) program dan agenda dalam satu tahun pelajaran akan terjadwal dengan baik. e) bertambahnya kenyaman dalam proses belajar mengajar. f) belajar siswa dapat di kontrol oleh guru dan pemahaman siswa juga bertambah karena bimbingan dari teman sekelompok dan orang tua yang mendampingi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143192 MUHAMMAD HASANUDIN
Date Deposited: 23 Jul 2018 03:23
Last Modified: 23 Jul 2018 03:23
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8426

Actions (login required)

View Item View Item