PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MELALUI BONEKA JARI TERHADAP RASA TANGGUNG JAWAB ANAK PADA KELOMPOK B di TK AISIYAH BUSTHANUL ATHFAL KAUMAN TULUNGAGUNG

QUROTAAYUN RIMA APRILIANA, 1726143044 (2018) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN MELALUI BONEKA JARI TERHADAP RASA TANGGUNG JAWAB ANAK PADA KELOMPOK B di TK AISIYAH BUSTHANUL ATHFAL KAUMAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (442kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (182kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (273kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (964kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (971kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Bermain Peran Melalui Boneka Jari Terhadap Rasa Tanggung Jawab Anak Pada Kelompok B Di Tk Aisiyah Busthanul Athfal Kauman Tulungagung” yang ditulis oleh Qurotaayun Rima Apriliana, NIM. 1726143044, pembimbing Mirna Wahyu Agustina, M.Psi. Kata Kunci: Metode Bermain Peran , Boneka Jari, Rasa Tanggung Jawab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa sikap tanggung jawab sangat penting untuk diajarkan dan dikembangkan sejak anak usia dini dengan catatan tanggung jawab itu harus dalam batas kemampuan peserta didik. Salah satu upaya yang digunakan untuk meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak yaitu menggunakan metode bermain peran. peneliti berinisiatif untuk meneliti dan melakukan risert tentang bagaimana pengaruh metode bermain peran melalui boneka Jari terhadap rasa tanggung jawab anak usia dini di TK Aisiyah Busthanul Athfal Kauman Tulungagung. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh metode bermain peran melalui boneka jari terhadap rasa tanggung jawab anak. (2) Seberapa besar penerapan metode bermain peran melalui boneka jari dapat meningkatkan rasa tanggung jawab pada anak di TK Aisiyah Busthanul Athfal Kauman Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi sekolah yaitu sebagai upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan pengunaan media yang tepat dan optimal sehingga hasilnya bisa di jadikan sebagai contoh untuk sekolah-sekolah yang lain, bagi guru yaitu dapat menjadi umpan balik acuan bagi guru untuk mengembangkan rasa tanggung jawab pada peserta didik , untuk menambah wawasan tentang stimulasi yang tepat dalam merangsang dan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan sehingga tercipta suasana pembelajaran yang kreatif dan lebih baik, bagi anak agar mampu mengembangkan perilaku sosial dalam berkomunikasi lisan melalui rasa tanggung jawabnya, bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan pertimbangan terhadap penelitian lain yang ada relevansinya dengan masalah tersebut. Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data dan uji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji t paired dan percent agreement. Dari hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa: (1) Hasil Uji – t paired t.test diperoleh dari pre test dan post test eksperimen nilai yaitu P value (0,229 ˃ 0,05) dan (-1,259 ˃ -2,262) serta rata-rata pre test 23,1333 dan rata-rata (mean) kelas eksperimen Post test adalah 25,8000 sehingga ada pengaruh antara rata-rata dari metode bermain peran melalui boneka jari terhadap rasa tanggung jawab anak sebelumnya (pre test) dengan rata –rata rasa tanggung jawab anak sesudah (post test) di kelompok B TK Aisiyah Busthanul Athfal Kauman Tulungagung.(2) Besarnya Pengaruh dan peningkatannya Metode bermain peran melalui boneka jari terhadap Rasa tanggung jawab anak pada kelompok B TK Aisiyah Busthanul Athfal Kauman Tulungagung dinyatakan besar pengaruh dan peningkatannya sebesar 84 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143044 QUROTAAYUN RIMA APRILIANA
Date Deposited: 07 Aug 2018 06:54
Last Modified: 07 Aug 2018 06:54
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8411

Actions (login required)

View Item View Item