PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

RIZQITA ‘ALIMATUN NISA’, 1724143211 (2018) PENGARUH KECERDASAN NUMERIK DAN PERSEPSI SISWA PADA MATEMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (986kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (535kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (203kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (468kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (236kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Persepsi Siswa Pada Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Rizqita ‘Alimatun Nisa’, NIM 1724143211, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, dengan pembimbing Dr. Eni Setyowati, S.Pd, M.M Kata Kunci : Kecerdasan Numerik, Persepsi Matematika, Prestasi Belajar Kecerdasan numerik adalah kemampuan menggunakan bilangan secara efektif dan bernalar secara logis. Persepsi merupakan proses saat seseorang mengatur dan meginterpretasikan kesan-kesan sensoris mereka guna memberikan arti bagi lingkungan mereka. Perilaku individu seringkali didasarkan pada persepsi mereka tentang kenyataan, bukan pada kenyataan itu sendiri. Prestasi belajar adalah hasil yang diperoleh yang mengakibatkan perubahan dalam diri individu sebagai akibat dari aktivitas belajar. Dalam proses belajar guna memahami materi pelajaran kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika sedikit banyak memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar. Jika kecerdasan numerik siswa berkembang dengan baik dan persepsi siswa pada matematika positif, maka prestasi belajar siswa juga akan optimal. Dalam hal ini ada kaitan antara kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. (3) Untuk mengetahui pengaruh kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman yang berjumlah 318 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 siswa. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, angket dan dokumentasi. Tes digunakan untuk mendapatkan nilai kecerdasan numerik yang dimiliki oleh siswa. Angket digunakan untuk mengukur persepsi siswa pada matematika. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data maupun dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Metode analisis data menggunakan uji analisis regresi linier sederhana dan regresi linear berganda dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dan uji autokorelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh kecerdasan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (59,307 > 3,94) dengan signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Besarnya pengaruh kecerdasan numerik terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah 37,1%, sedangkan sisanya 62,9% dipengaruhi oleh variabel lain. (2) Ada pengaruh persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (111,096 > 3,94) dengan signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Besarnya pengaruh persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah adalah 52,7% sedangkan sisanya 47,3% dipengaruhi oleh variabel lain. (3) Ada pengaruh kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun ajaran 2017/2018. Berdasarkan penelitian diperoleh nilai Fhitung > Ftabel (59,951 > 3,94) dengan signifikansi < 0,05 (0,00 < 0,05). Besarnya pengaruh kecerdasan numerik dan persepsi siswa pada matematika terhadap prestasi belajar matematika siswa adalah 54,4%, sedangkan sisanya 45,6% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143211 RIZQITA ‘ALIMATUN NISA’
Date Deposited: 19 Jul 2018 07:23
Last Modified: 19 Jul 2018 07:23
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8395

Actions (login required)

View Item View Item