ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI POLYA PADA POKOK BAHASAN SPLTV DI SMAN 1 KAUMAN

ANNUR QOMARIYAH TIS’AH DWI SHINTA, 1724143039 (2018) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS BERDASARKAN TEORI POLYA PADA POKOK BAHASAN SPLTV DI SMAN 1 KAUMAN. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (255kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (91kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (518kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (958kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (132kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Tingkat Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Teori Polya Pada Pokok Bahasan SPLTV di SMAN 1 Kauman” ini ditulis oleh Annur Qomariyah Tis’ah Dwi Shinta, NIM 1724143039, pembimbing Sutopo, M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Pemecahan Masalah, Teori Polya, SPLTV Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terdapat guru yang dalam pembelajaran matematika menganut paradigma transfer of knowledge. Dalam pembelajaran ini hanya terjadi satu arah yaitu dari guru sebagai sumber informasi dan siswa sebagai penerima informasi. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk aktif dalam kegiatan belajar-mengajar (KBM) di kelas, atau pembelajaran berpusat pada guru. Mengakibatkan siswa tidak mempunyai kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis mereka dalam pemecahan masalah matematis. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampun akademik tinggi dalam pemecahan masalah matematika pada materi SPLTV (2) Mendiskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampun akademik sedang dalam pemecahan masalah matematika pada materi SPLTV (3) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampun akademik rendah dalam pemecahan masalah matematika pada materi SPLTV (4) Mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dengan kemampun akademik sangat rendah dalam pemecahan masalah matematika pada materi SPLTV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Tes tertulis diikuti oleh 4 orang siswa kelas X MIA 1 dengan 2 butir soal, yang mewakili siswa berkemampuan tinggi, kemampuan sedang, kemampuan rendah dan kemampuan sangat rendah dimana observasi dan dokumentasi digunakan sebagai data penunjang. Tempat penelitian ini di laksanakan di SMAN 1 Kauman. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi berada pada Tingkatan Kemampuan Berpikir Kritis 3 dimana ia mampu memenuhi kelima indikator berpikir kritis serta mampu menyelesaikan 4 tahap pemecahan masalah (2) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sedang berada pada TKBK 2 karena hanya memenuhi 4 indikator berpikir kritis dan pada tahap pemecahan masalah hanya sampai pada langkah melaksanakan rencana (3) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis rendah berada pada TKBK 1 karena tidak semua indikator berpikir kritis dipenuhi oleh subjek dan hanya sampai pada mengungkapkan permasalahan yang ada dengan tepat dan jelas atau dapat dikatakan bahwa siswa hanya memenuhi 2 indikator berpikir kritis dan dalam pemecahan masalah yang dilakukan hanya sampai pada tahap memahami masalah (4) Siswa dengan kemampuan berpikir kritis sangat rendah berada pada TKBK 0 karena siswa tersebut tidak memenuhi semua indikator berpikir kritis dan tidak memenuhi tahapan pemecahan masalah sama sekali.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143039 ANNUR QOMARIYAH TIS’AH DWI SHINTA
Date Deposited: 18 Jul 2018 06:44
Last Modified: 18 Jul 2018 06:44
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8381

Actions (login required)

View Item View Item