Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar

Anik Faradila Santi, 1725143022 (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (177kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (153kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (421kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (471kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (852kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf

Download (527kB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (275kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (267kB)

Abstract

ABSTRAK Anik Faradila Santi, 1725143022, 2018 “Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar”. Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah danIlmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Muhamad Zaini M.A. Kata Kunci: Student Teams Achievent Divisions, Keaktifan dan HasilBelajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran disekolah dimanasiswa masih kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran. Hal itu disebabkan, karena model pembelajaran yang digunakan guru masih konvensional yaitu adalah ceramah, Dimana, saat gurumenyampaikan materi, beberapa siswa berbicara atau bermain sendiri. Hal mengakibatkan materi yang diberikan tidak tersampaikan secara keseluruhan, serta siswa kurangberani mengemukakan pendapat atau pertanyaan mereka. Berdasarkan masalah yang terjadi dilapangan peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD), dengan harapan dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar. Tujuanpenelitian : 1) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar. 2) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar. 3) Untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Kunir Wonodadi Blitar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 62 siswa. Pengambilan sampel berdasarkan teknik sampling jenuh karena anggota populasi digunakan sebagai sampel, maka, sampel penelitian ini adalah siswa kelas VA sebagai kelas kontrol yang berjumlah 31 siswa dan VB sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dokumentasi dan angket. Observasi digunakan untuk melihat kondisi awal siswa. Tes digunakan untuk mengukur kemampuan pengetahuan, sikap dan keterampilannya. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data siswa. Sedangkan angket digunakan untuk mengetahui keaktifan. Data yang diperoleh diolah dengan Independent Sample t-test untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap keaktifan siswa, dan juga untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Varience) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap keaktifan siswa dilihat dari hasil perhitungan data menunjukkan bahwa 11,952 lebih besar dari 2,000. Artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap keaktifan siswa,2) ada pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa, dilihat dari hasil perhitungan data menunjukkan bahwa 4,936 lebih besar dari 2,000. Artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap hasil belajar siswa. 3) ada pengaruh model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar, dilihat darihasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji keaktifan dan hasil belajar 0,000 kurang dari 0,05 atau (0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Student Team Achievement Division terhadap keaktifan dan hasil belajar siswa kelas V MIN Kunir Wonodadi Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143022 Anik Faradila Santi
Date Deposited: 09 Aug 2018 06:19
Last Modified: 09 Aug 2018 06:19
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8373

Actions (login required)

View Item View Item