STRATEGI PENYELENGGARAAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AL-QUR’AN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulungagung)

SITI TORIQOTUL JANAH, 1721143385 (2018) STRATEGI PENYELENGGARAAN PROGRAM UNGGULAN TAHFIDZ AL-QUR’AN (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulungagung). [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (692kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (615kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (275kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB)

Abstract

ABSTRAK Siti Toriqotul Janah. NIM: 1721143385. Tahun 2018. “Strategi Penyelenggaraan Program Unggulan Tahfidz Al-Qur’an (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Tulungagung”, Skripsi, Fakultas: Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan: Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. Kata Kunci: Strategi, Tahfidz Al-Qur’an Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh fenomena rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap pembelajaran, salah satunya tentang hafalan Al-Qur’an. Guru diharuskan untuk memiliki strategi yang tepat agar siswa dapat belajar secara efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Namun, kenyataannya di berbagai sekolah menunjukkan bahwa dalam memilih dan menerapkan strategi salah satunya untuk meningkatkan hafalan Al-Qur’an ternyata bukan hal yang mudah. Sebagian guru ada yang kurang bisa menerapkan strategi yang tepat dalam menghafal Al-Qur’an. Hal ini nampak dari peserta didik yang mengalami kesulitan dalam menghafal Al-Qur’an dan rendahnya tingkat hafalan peserta didik disebabkan oleh guru yang belum bisa menggunakan strategi yang sesuai dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an. Sehingga diperlukan suatu pembinaan bagi para guru agar mampu menerapkan strategi yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Dalam hal ini, penulis memaparkan strategi penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung. Fokus penelitian: (1) Bagaimana jenis-jenis strategi dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung? (2) Bagaimana metode dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung? (3) Bagaimana teknik dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung? (4) Bagaimana taktik dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung? Tujuan penelitian: (1) Untuk mengetahui jenis-jenis strategi dalam penyelenggaraan program nggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui metode dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung. (3) Untuk mengetahui teknik dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung. (4) Taktik dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung. Kegunaan hasil penelitian: (1) kegunaan secara teoritis: sebagai pelajaran untuk memperkaya pengetahuan ilmiah tentang strategi guru dalam meningkatkan hafalan Al-Qur’an siswa. (2) kegunaan secara praktis: sebagai masukan bagi kepala madrasah dan para guru, sebagai masukan bagi peneliti yang akan datang, untuk pembaca dapat digunakan sebagai sumbel keilmuan. Dalam penelitian ini menggunakan (1) metode dan jenis: studi kasus, kualitatif, (2) lokasi penelitian di MAN 1 Tulungagung, (3) sumber data penelitian: paper, place, paper, (4) metode pengumpulan data: observasi partisipan (Participant Observation), wawancara mendalam (Indepth Interview), dokumentasi, (5) analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan (6) pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian: (1) strategi dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfiz Al-Qur’an di MAN 1 Tulungagung adalah sebagai berikut: jenis-jenis strategi yang digunakan guru agama Islam, yakni strategi pembelajaran kelompok dan strategi pembelajaran individu, (2) metode dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an adalah metode muroja’ah (pengulangan) dan metode tasmi’ (semaan), (3) teknik dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an adalah dengan membaca Al-Qur’an dengan tartil sebelum, setelah itu dilanjutkan dengan muroja’ah dengan berpasangan ayat sebelumnya yang telah dihafalkan, kemudian semaan tentang ayat yang akan disetorkan, dan setelah itu melakukan setoran hafalan, (4) taktik dalam penyelenggaraan program unggulan Tahfidz Al-Qur’an adalah ketika ada anak yang malas dan mudah lupa ketika menghafal, yakni dilakukan pendekatan dan pemberian motivasi. Ketika ada siswi yang berhalangan haid wajib tetap mengikuti program hafalam, akan tetapi hanya boleh mengikuti muroja’ah saja, tidak boleh menambah setoran hafalan. Dilakukan permainan sambung ayat untuk meningkatan dan menguatkan hafalan Al-Qur’an siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143385 SITI TORIQOTUL JANAH
Date Deposited: 20 Jul 2018 07:51
Last Modified: 20 Jul 2018 07:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8366

Actions (login required)

View Item View Item