PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOYOLANGU

UMI NURAISYAH, 1724143256 (2018) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BOYOLANGU. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (675kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (236kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (96kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Terhadap Hasil Belajar dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu” ini ditulis oleh Umi Nuraisyah, NIM.1724143256, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Umy Zahroh, Ph.D. Kata Kunci: Model Pembelajaran RME, Hasil Belajar, dan Kemampuan Komunikasi Matematis. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa dan hal tersebut juga akan berpengaruh untuk hasil belajar matematika siswa yang rendah pula. Oleh karenanya diupayakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat memberi peluang dan mendorong siswa untuk melatih kemampuan komunikasi dalam pembelajaran matematika. Salah satunya yaitu dengan menggunakan model pembelajaran RME. Model pembelajaran RME diharapkan dapat mendukung upaya peningkatan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran RME terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi PLSV kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu. 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran RME terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi PLSV kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu. 3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran RME terhadap hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi PLSV kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya Quasi Experimental Design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Boyolangu. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol. Kedua kelas yang menjadi sampel penelitian tersebut memiliki rata-rata nilai yang homogen. Instrumen dan teknik pengumpulan data: 1) Observasi; 2) Tes; 3) Wawancara; 4) Dokumentasi. Instrumen soal tes sebelum digunakan untuk menjaring data dan untuk mendapatkan data yang objektif, terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas. Setelah data penelitian terkumpul kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143256 UMI NURAISYAH
Date Deposited: 19 Jul 2018 02:49
Last Modified: 19 Jul 2018 02:49
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8365

Actions (login required)

View Item View Item