Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Pembentukkan Kepribadian Siswa Kelas X MAN 2 Tulungagung

Munir, M.Misbakhul (2012) Pengaruh Bimbingan Konseling Terhadap Pembentukkan Kepribadian Siswa Kelas X MAN 2 Tulungagung. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB II.doc

Download (196kB)
[img] Text
BAB III.doc

Download (75kB)
[img] Text
BAB IV.doc

Download (333kB)
[img] Text
ِBAB V.doc

Download (32kB)
[img] Text
BAB I.doc

Download (62kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.doc

Download (1MB)
[img] Text
depan skripsi munir.doc

Download (90kB)
[img] Text
depan.doc

Download (89kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : bimbingan konseling, pembentukkan kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kepribadian manusia merupakan gabungan dari berbagai konsep diri orang. Jika dikaji lebih dalam sebenarnya proses ini sudah berjalan dengan memberi pengalaman dan mewarnai perkembangan seseorang. jadi secara umum, dapat dikatakan bahwa kepribadian suatu proses dinamis di dalam diri yang terus menerus dilakukan terhadap sistem psikofisik (fisik dan mental), sehingga terbentuk pula penyesuaian diri yang unik atau kas pada setiap orang pada setiap lingkungan. Dalam pembahasan skripisi ini, yang menjadi rumusan masalah adalah (1) Bagaimanakah persiapan pelaksanaan bimbingan konseling pada siswa di MAN 2 Tulungagung? (2) Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan pembentukkan kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? (3) Adakah pengaruh bimbingan konseling terhadap pembentukan kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan bimbingan konseling pada siswa di MAN 2 Tulungagung. (2) Untuk mengetahui langkah-langkah pembentukkan kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung (3) Untuk Mengetahui pengaruh bimbingan konseling terhadap pembentukan kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi penulis untuk mengembangkan ilmu teoritis yang diterima di bangku kuliah, dengan diterapkan di lokasi penelitian, sehingga peneliti dapat menganalisa, dan mengumpulkan hasil data yang ada, sehingga mengetahui bimbingan konseling terhadap kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung. Bagi guru Bimbingan konseling hasil penelitian ini dapat dijadikan pijakan atau masukan dalam rangka penyempurnaan bimbingan konseling terhadap kepribadian siswa di MAN 2 Tulungagung untuk tahun berikutnya yang lebih baik. Bagi peneliti selanjutnya hasil penelitian ini bisa dijadikan pijakan atau acuan untuk penelitian selanjutnya. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi sebagai tahapan melihat langsung proses pemberian bimbingan konseling terhadap pembantukan kepribadian siswa. Sedangkan wawancara digunakan untuk menggali tentang data tentang bimbingan konseling. dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang sejarah berdirinya MAN 2 Tulungagung. Untuk analisa data pada skripsi ini menggunakan analisa data kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian kuantitatif diatas menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara bimbingan konseling dengan pembentukkan kepribadian siswa mempunyai koefisien korelasi product moment 0,993, dengan demikian nilai pada perhitungan lebih besar pada nilai 0,230. Jadi signifikan pembentukan kepribadian siswa ini sangat rendah dapat dilihat dari tabel intepretasi “r” pada lampiran 7 halaman 117-119.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 08:04
Last Modified: 26 Jan 2015 08:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/836

Actions (login required)

View Item View Item