PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 KAMPAK TRENGGALEK

DIAN ARLINGGASARI, 1721143114 (2018) PERAN GURU PAI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMAN 1 KAMPAK TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (207kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (57kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (59kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (25kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Peran Guru PAI dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek” ini ditulis oleh Dian Arlinggasari, NIM. 1721143114, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Drs. H. Muh. Kharis, M. Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena saat ini terdapat banyak kasus kenakalan remaja seperti perkelahian, tindakan kekerasan, konsumsi miras dan psikotoprika, tindakan asusila dan kriminalitas semakin menjadi-jadi, telah mewarnai halaman surat kabar, dan media sosial. Tumbuhnya kasus-kasus tersebut memang bukan semata-samata karena kegagalan pembalajara PAI di sekolah, tetapi bagaimana semuannya itu dapat menggerakkan guru PAI untuk mencermati kembali dan mencari solusi lewat pengembangan metodologi PAI untuk tidak hanya berjalan secara konvensional. Karena selama ini pendidikan agama Islam lebih berorientasi pada belajar tentang agama sehingga hasilnya banyak orang yang mengetahui nilai-nilai ajaran agama, tetapi perilakunya tidak relevan dengan nilai-nilai agama yang diketahuinya. Untuk itu guru PAI mempunyai peran penting untuk menjadikan anak didiknya manjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa serta berakhlak mulia melalui pendidikan yang diajarkannya dengan memperhatikan dan mengusahakan tercapainya hasil belajar aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif siswa pada pembelajaran PAI. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaiamana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek? (2) Bagaiamana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek? (3) Bagaiamana peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek? Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. (2) Untuk mendiskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. (3) Untuk mendiskripsikan peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa pada mata pelajaran PAI di SMAN 1 Kampak Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa yaitu peran guru sebagai pengajar yaitu melaksanakan kegiatan pembalajaran. Sebagai fasilitator yaitu guru membuat peta konsep materi dan mengupayakan semua siswa memiliki buku pegangan. Sebagai motivator yaitu guru menyampaikan tujuan materi pelajaran agar belajar siswa lebih terarah, memberikan tambahan nilai, dan pemberitahuan saat akan ada ulangan. Dan sebagai evaluator yaitu mengevaluasi siswa dengan dengan penilaian formatif dan sumatif dengan menggunakan teknik tes baik tes tulis maupun tes lisan. (2) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar psikomotorik siswa yaitu peran guru sebagai pelatih yaitu menyampaikan materi pelajaran disertai dengan memperagakan materi dan diikuti oleh siswa. Sebagai fasilitator yaitu mengupayakan dan memanfaatkan sarana dan prasarana yang ada di sekolah seperti tempat wudhu dan mushola. Sebagai motivator yaitu guru memberikan tambahan nilai dan sering diakan kegiatan praktik. Dan sebagai evaluator yaitu mengevaluasi peserta didik dengan teknik kinerja-praktik. (3) Peran guru PAI dalam meningkatkan hasil belajar afektif siswa adalah peran guru sebagai pendidik yaitu guru menanamkan nilai-nilai ajaran agama baik dalam kegiatan di dalam jam pelajaran dan diluar jam pelajaran. Pada jam pelajaran guru menyampaikan materi pelajaran disertai dengan memberikan contoh yang baik kepada peserta didik baik dalam penampilan, tutur kata, dan perbuatan secara langsung, serta guru memberikan nasihat yang membangun. Di luar pelajaran yaitu dengan diadakannya kegiatan keagamaan seperti jadwal adzan, kegiatan sholat dhuhur berjamaah, dan ada juga ekstrakurikuler SKI. Sebagai fasilitator yaitu guru membuat program kegiatan keagamaan baik di jam pelajaran maupun di luar jam pelajaran. Sebagai motivator yaitu guru menyajikan bahan pelajaran semenarik mungkin, pemberian intermezzo, dan menggerakan siswa untuk melakukan kegiatan keagamaan. Dan sebagai evaluator yaitu guru mengevaluasi peserta didik dengan teknik teknik penilaian observasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143114 DIAN ARLINGGASARI
Date Deposited: 07 Aug 2018 02:33
Last Modified: 07 Aug 2018 02:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8359

Actions (login required)

View Item View Item