STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA DI MIN 14 KABUPATEN BLITAR

IBNU NIZHAMI PRADANA, 1725143119 (2018) STRATEGI GURU KELAS DALAM MENANAMKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA DI MIN 14 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (380kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Ibnu Nizhami Pradana, 1725143119, 2018 “Strategi Guru Kelas Dalam Menanamkan Rasa Percaya Diri Di MIN 14 Kabupaten Blitar“. Skripsi, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Pembimbing: Faizatul Istiqomah, M.Ed Kata Kunci: Strategi Guru, Percaya Diri Penelitian ini penting dilakukan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh rasa percaya diri terhadap siswa ketika pembelajaran di kelas. Percaya diri merupakan sifat manusia yang dimiliki sejak lahir. Kata Percaya Diri, yaitu sikap orang yang meyakini bahwa ia, adalah orang yang memiliki cita-cita dan yakin bahwa ia mampu untuk melakukan sikap-sikap dan tindakan-tindakan untuk mewujudkan cita-citanya itu, ia memiliki keyakinan terhadap segala sesuatu yang akan dilaksanakan dan selalu berpikir positif dalam segala hal. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi adalah: (1) Bagaimana perencanaan strategi guru kelas dalam menanamkan rasa percaya diri di MIN 14 Kabupaten Blitar? (2) Bagaimana pelaksanaan dalam menanamkan rasa percaya diri oleh guru kelas di MIN 14 Kabupaten Blitar? (3) Bagaimana hambatan guru kelas dalam menanamkan rasa percaya diri di MIN 14 Kabupaten Blitar? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam. Paparan data dan analisis data dilakukan dengan tekhnik reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: berdasarkan paparan data diskusi hasil penelitian maka dapat ditarik kesimpulan: (1) Strategi yang digunakan guru kelas dalam menanamkan rasa percaya diri siswa yaitu menggunakan metode pembelajaran diskusi kelompok dan pembiasaan, karena dengan metode ini dilihat presentase keberhasilannya sangat tinggi. (2) Pelaksanaan penanaman rasa percaya diri siswa menggunakan metode diskusi kelompok dan pembiasaan, metode ini dianggap lebih mudah pelaksanaanya dan lebih dinamis. Bentuk dari pembiasaan tersebut adalah pada saat diskusi kelompok setiap siswa dibiasakan untuk aktif menyampaikan pendapatnya dalam diskusi, siswa dibiasakan untuk bertukar pikiran dengan teman sekelompok, siswa dibiasakan untuk berani tampil menyampaikan hasil jawaban kelompok di depan kelas. Selain pembelajaran di dalam kelas, proses pembiasaan juga dilaksanakan diluar kelas seperti siswa dibiasakan untuk berani menjadi imam sholat, memimpin dzikir dan tahlil pendek, mengumandangkan adzan bagi siswa laki-laki, dan berani menyampaikan suatu permasalahan yang di temui kepada Guru tanpa harus merasa takut ataupun malu. (3) Hambatan guru kelas dalam menanamkan rasa percaya diri pada siswa yaitu berasal dari diri siswa itu sendiri, karena di dalam suatu kelas terdapat berbagai macam karakter dan sifat, sehingga tidak semua siswa dapat melakukan instruksi yang diberikan oleh guru secara langsung dengan baik dan benar. Ada beberapa anak yang masih merasa kesulitan sehingga untuk mengatasi masalah tersebut guru melakukan pendekatan yang lebih kepada siswa yang dirasa rasa percaya dirinya masih kurang tersebut dan selalu memberikan stimulus agar siswa yang masih kurang tersebut dapat melaksanakan instruksi dengan baik dan benar sehingga dapat meningkatkan rasa percaya dirinya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143119 IBNU NIZHAMI PRADANA
Date Deposited: 16 Jul 2018 08:18
Last Modified: 16 Jul 2018 08:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8343

Actions (login required)

View Item View Item