KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG

DEWI AMINAH, 1721143110 (2018) KOMUNIKASI PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (607kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (396kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (311kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (152kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Komunikasi Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di MTs Negeri 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Aminah, NIM. 1721143110, Dosen pembimbing Hj. Indah Khomsiyah, M.Pd., NIP. 19760518 2007012021. Kata kunci: Komunikasi Pembelajaran, Minat Belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh komunikasi yang dilakukan oleh guru Akidah Akhlak saat pembelajaran secara tidak langsung dapat mempengaruhi minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Akidah Akhlak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana komunikasi verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 4 Tulungagung? (2) Bagaimana komunikasi non verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 4 Tulungagung? (3) Bagaimana faktor penghambat komunikasi verbal dan non verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Negeri 4 Tulungagung? Manfaat penelitian ini bagi IAIN Tulungagung diharapkan bisa digunakan sebagai pustaka bagi peneliti selanjutnya yang ingin mengkaji tentang strategi komunikasi guru dalam meningkatkan minat belajar siswa. Bagi peneliti sebagai bahan latihan dalam penulisan ilmiah sekaligus memberikan tambahan khazanah pemikiran konsep pendidikan Islam. Bagi lembaga MTs Negeri 4 Tulungagung diharapkan berguna sebagai bahan masukan untuk meningkatkan komunikasi guru agar minat belajar siswa semakin meningkat. Bagi peneliti selanjutnya, diharapkan hasil penelitian dapat dijadikan tambahan referensi dan dapat melakukan penelitian yang lebih sempurna. Metode penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan berupa sumber data primer dan sumber data skunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi partisipan, wawancara semiterstruktur serta dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis data Miles dan Hubermen yang meliputi reduksi data (data reduction), paparan data (data disolay), dan penarikan kesimpulan/verfikasi (conclusion drawing/verification). Pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan keikutsertaan, triangluasi sumber dan pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian : (1) Komunikasi verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak adalah dengan menggunakan komunikasi verbal lisan yaitu menggunakan bahasa atau perkataan yang baik (Qaulan Ma’rufa), perkataan yang benar (Qaulan Syadidan), bahasa yang mudah dipahami (Qaulan Maisura), dan bahasa yang membekas diingatan siswa (Qaulan Baligha), bahasa yang jelas (clarity) dan diulang-ulang, menggunakan humor, pemberian motivasi, menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa jawa kromo, komunikasi verbal tulisan dengan menulis di papan tulis, serta menggunakan buku modul (buku pegangan siswa). (2) komunikasi non verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan keteladanan guru, pembiasaan guru, sikap respect guru, penekankan suara, dan juga suara yang lemah lembut. (3) Faktor penghambat komunikasi verbal dan non verbal pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu emosi guru karena masalah yang banyak diluar sekolah, Pekerjaan yang menumpuk, dan juga dari siswa yang ramai atau asik dengan dunianya sendiri. (4) Media komunikasi yang kurang mendukung saat proses pembelajaran

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1271143110 DEWI AMINAH
Date Deposited: 16 Jul 2018 07:25
Last Modified: 16 Jul 2018 07:25
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8340

Actions (login required)

View Item View Item