PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

BINTI NGAFIFAH, 1724143055 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA KELAS VIII PADA MATERI STATISTIKA DI MTs DARUL HIKMAH TAWANGSARI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (733kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (530kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (906kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (492kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (265kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Binti Ngafifah, 1724143055, 2018, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VIII di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci : Kooperatif, Talking Stick, Motivasi Belajar, Pemahaman Matematika Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dan pemahaman matematika. Hal ini disebabkan karena pembelajaran lebih banyak didominasi oleh guru, sehingga mengakibatkan siswa kurang termotivasi dan kurang memahami materi. Oleh karena itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mendorong motivasi dan pemahaman siswa dalam belajar, salah satunya yaitu model pembelajaran Kooperatif tipe Talking Stick. Melalui model Talking Stick pembelajaran akan lebih menarik karena dalam belajar siswa berperan aktif sehingga motivasi dan pemahaman siswa dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar pada materi statistika, (2) pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap pemahaman matematika siswa pada materi statistika, (3) pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar dan pemahaman matematika siswa kelas VIII pada materi statistika di MTs Darul Hikmah Tawangsari Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan desain Postest-only Control Group Desaign. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII Mts Darul Hikmah Tawangasari Tulungagung. Teknik pengambilan sampel menggunakan Sampling Jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik yaitu uji Independent Sample t-Test dan Uji MANOVA Berdasarkan hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar. Terbukti dengan nilai sig. 0,011 < 0,05 (2) ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap pemahaman matematika. Terbukti dengan nilai sig. 0,000 < 0,05 (3) ada pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap motivasi belajar dan pemahaman matematika siswa pada materi statistika. Hal ini terbukti dari analisis Pilla’s Trace, Wilks’ Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root, dimana nilai sig. 0,001 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143055 BINTI NGAFIFAH
Date Deposited: 29 Nov 2018 03:58
Last Modified: 29 Nov 2018 03:58
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8336

Actions (login required)

View Item View Item