PENGARUH STIMULASI PERMAINAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK AL HIDAYAH TALOK DAN TK AL HIDAYAH SUMBERDIREN KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR

NURUL KHUSNA, 1726143041 (2018) PENGARUH STIMULASI PERMAINAN TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL ANAK KELOMPOK B DI TK AL HIDAYAH TALOK DAN TK AL HIDAYAH SUMBERDIREN KECAMATAN GARUM KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (492kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (155kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (219kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (229kB)

Abstract

ABSTRAK Nurul Khusna, NIM: 1726143041 Skripsi dengan judul “Pengaruh Stimulasi Permainan Terhadap Perilaku Prososial Anak Kelompok B di TK Al Hidayah Talok dan TK Al Hidayah Sumberdiren Kecamatan Garum Kabupaten Blitar” Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Tahun 2018, dibimbing oleh: Zun Azizul Hakim, M.Psi, NIP.198509302014031003. Kata kunci: Stimulasi Permainan, Perilaku Prososial Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak yang belum menunjukkan sikap perilaku prososial seperti kerjasama, berbagi dan menolong yang baik. Oleh karena itu, anak-anak masih perlu bimbingan yang bisa menumbuhkan sikap kerjasama, berbagi dan menolong. Dalam hal ini peneliti memberikan stimulasi untuk meningkatkan perilaku prososial anak melalui kegiatan bermain bola estafet dan bisik berantai. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah 1) Apakah ada pengaruh stimulasi permainan terhadap perilaku prososial anak Kelompok B di TK Al Hidayah Talok dan TK Al Hidayah Sumberdiren Kecamatan Garum Kabupaten Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh stimulasi permainan terhadap perilaku prososial anak kelompok B di TK Al Hidayah Talok dan TK Al Hidayah Sumberdiren Kecamatan Garum Kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian eksperimen. Serta menggunakan metode pengumpulan data berupa metode wawancara, observasi checklist dan dokumentasi. Subjek penelitiannya adalah 79 anak, 34 dari TK Al Hidayah Talok untuk kelas eksperimen dan 45 dari TK Al Hidayah Sumberdiren untuk kelas kontrol. Perhitungan data menggunakan Aplikasi SPSS 20 memakai uji Mann Whitney. Berdasarkan hasil analisis data diketahui: 1) Tidak terdapat pengaruh stimulasi permainan (bola estafet dan bisik berantai) terhadap perilaku prososial anak kelompok B di TK Al Hidayah Talok dan TK Al Hidayah Sumberdiren Kecamatan Garum dengan hasil nilai signifikansi 0,125. Hal tersebut dibuktikan dengan Output SPSS 20 menggunakan uji Mann Whitney. Maka dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh stimulasi permainan (bola estafet dan bisik berantai) terhadap perilaku prososial anak kelompok B di TK Al Hidayah Talok dan TK Al Hidayah Sumberdiren Kecamatan Garum Kabupaten Blitar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Psikologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 1726143041 NURUL KHUSNA
Date Deposited: 08 Aug 2018 02:38
Last Modified: 08 Aug 2018 02:38
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8335

Actions (login required)

View Item View Item