METODE GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SISWA MELALUI METODE RESITASI DI SMP TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK

INDANA ZULFA, 1721143185 (2018) METODE GURU PAI DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN SISWA MELALUI METODE RESITASI DI SMP TERPADU AL-ANWAR DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (505kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (471kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Metode Guru PAI dalam Meningkatkan Kecerdasan Siswa melalui Metode Resitasi di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Indana Zulfa, NIM 1721143185 Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M.Ag. Kata Kunci: Metode Guru, Kecerdasan, Metode Penugasan Skripsi ini membahas tentang Metode Guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan siswa melalui metode resitasi (penugasan) di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh seringnya dijumpai siswa yang melakukan tindakan-tindakan melanggar peraturan sekolah seperti membolos sekolah, tidak mematuhi guru, tidak merespon jawaban yang diharapkan guru, membuat kegaduhan di dalam kelas, tidak semangat belajar, atau lainnya. Bahkan guru juga sering melakukan tindakan seperti membolos pada saat ada jam mengajar, tidak semangat mengajar, mengajar dengan hanya menggunakan metode yang sama dan jarang menggunakan metode yang bervariasi serta pembelajaran tidak direncanakan dengan sempurna. Dan itu berimbas pada kecerdasan siswa yang tidak bisa meningkat tetapi malah menjadi menurun. Permasalahan seperti ini adalah fakta realistis yang tidak perlu disembunyikan, tetapi perlu dicarikan solusi strategisnya. Dalam penelitian ini peneliti menetapkan fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana metode guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa melalui metode resitasi di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek?, 2) Bagaimana metode guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui metode resitasi di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek?, 3) Bagaimana metode guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui metode resitasi di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek?. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek, dengan mengoptimalkan kehadiran peneliti dalam penggalian datanya, data yang digali berdasarkan dua sumber: 1) data primer dan 2) data skunder, kemudian untuk teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu 1) observasi, 2) dokumentasi, 3) wawancara. Kemudian menggunakan teknik analisa data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan temuan dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1) metode guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan intelektual siswa melalui metode penugasan di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek yaitu dengan cara menugaskan untuk membaca, merangkum, berdiskusi memecahkan permasalahan, mencatat materi yang belum difahami dan diberikan PR, baik secara individu maupun kelompok. 2) metode guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa melalui metode penugasan di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek yaitu menggunakan bentuk penugasan yang bersifat kontekstual, yakni mengkaitkan dengan situasi yang terjadi di dunia nyata. (3) metode guru PAI dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa melalui metode penugasan di SMP Terpadu Al-Anwar Durenan Trenggalek yaitu dengan cara berpidato, menghafal dan menulis ayat Al-Qur’an, praktik yang berkaitan dengan ibadah serta lebih dengan memberi contoh dan peringatan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143185 INDANA ZULFA
Date Deposited: 26 Jul 2018 03:09
Last Modified: 26 Jul 2018 03:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8316

Actions (login required)

View Item View Item