STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR

NURUL KHABIBAH, 1721143326 (2018) STRATEGI GURU PAI DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (894kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (646kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru PAI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar” ini ditulis oleh Nurul Khabibah, NIM. 1721143326, pembimbing Dr. Hj. Binti Maunah M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar Penelitian ini diletarbelakangi oleh pentingnya motivasi dalam kegiatan pembelajaran, kiranya perlu ada perhatian khusus terhadap motivasi yang dimiliki oleh siswa, sehingga guru harus benar-benar memahami motivasi belajar yang dimiliki siswa terhadap mata pelajaran yang diajarkannya, harus ada tindak lanjut dari guru apabila motivasi belajar siswanya rendah, dengan menggunakan strategi yang tepat, karena guru dituntut harus mampu memotivasi siswanya agar dapat belajar dengan baik dan memiliki prestasi belajar yang baik pula. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kota Blitar ? (2) Bagaimana strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kota Blitar ? (3) Bagaimana strategi pembelajaran ekspositori dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kota Blitar ?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan strategi pembelajaran berbasis masalah, strategi kooperatif, dan strategi ekspositori dapat meningkatkan motivasi belajar di MAN Kota Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam rangka meningkatkan motivasi pengajaran, bagi para guru Madrasaha Aliyah Negeri Kota Blitar sebagai dasar untuk penggunaan strategi dan metode yang bervariasi sehingga siswa antuasias mengikuti mata pelajaran Fiqh. Bagi siswa Madrasah Aliyah Negeri Kota Blitar sebagai bahan dan kajian untuk meningkatkan motivasi siswa. Bagi para pembaca/peneliti lain sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi partisipan, dokumentasi serta wawancara mendalam. Observasi untuk mengamati seluruh kegiatan pembelajaran yang difokuskan terhadap aktivitas guru dan siswa pada mata pelajaran Fiqh. Sedangkan metode dokumentasi digunkan untuk memperoleh data dokumen madrasah dan wawancara untuk memperoleh informasi tentang strategi guru Fiqh dalam menyampaikan materi pelajaran, motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqh, dan sebab-sebab siswa termotivasi untuk mempelajari Fiqh. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: 1) Strategi pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kota Blitar , yang dilakukan dengan jalan membawa permasalahan yang berbeda-beda ke dalam pembelajaran, sehingga permasalahan-permasalahan yang diperoleh siswa akan membentuk pengetahuan baru misalnya motivasi, minat belajar mereka semakin bagus. Dalam penerapan berbasis masalah siswa diberi kesempatan untuk mengutarakan masalah, apabila dari siswa sendiri tidak ada yang mengutarakan maka dari guru tersebut yang akan memulai memberikan permasalahan. 2) strategi kooperatif pembelajaran guru untuk meningkatkan belajar siswa di MAN Kota Blitar, dengan jalan proses pembelajaran kelompok setiap anggota kelompok akan bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Segala aktivitas siswa untuk meningkatkan kemampuannya yang telah dimiliki maupun meningkatkan kemampuan baru, baik kemampuan dalam aspek pengetahuan, sikap, maupun keterampilan. 3) strategi ekspositori pembelajaran guru untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MAN Kota Blitar, dengan jalan penekanan materi melalui metode ceramah dan tanya jawab inilah yang bisa begitu mengena dan menarik perhatian siswa. Dengan memberikan suatu perhatian terhadap siswa di MAN Kota Blitar itu juga yang menumbuhkan atensi yang tinggi dalam pembelajaran dan ini yang bisa menjadi cerminan dalam meningkatkan kepribadian siswa yang sopan-santun terhadap sesama serta menghargai suatu pendapat yang disampaikan guru.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12506184042 NURUL KHABIBAH
Date Deposited: 16 Jul 2018 03:46
Last Modified: 16 Jul 2018 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8299

Actions (login required)

View Item View Item