PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

AIS SAWIYAH, 1721143040 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VII DI MTs NEGERI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (912kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (551kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (244kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (717kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (361kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (228kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTs Negeri 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018” ini ditulis oleh Ais Sawiyah, NIM. 1721143040, yang dibimbing oleh Dr. H. Asrof Safi’i, M.Ag. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT), Hasil Belajar Model pembelajaran Akidah Akhlak yang digunakan oleh seorang guru sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Secara umum, guru menggunakan model ceramah dalam menyampaikan materi Akidah Akhlak dikelas. Metode tersebut kurang efektif, karena menjadikan siswa kurang memperhatikan dan kurang tertarik dengan pembelajaran. Dalam, skripsi ini penulis memperkenalkan model pembelajaran yang dapat menjadikan siswa dapat berperan aktif dan tertarik dengan materi yang disampaikan dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran tersebut adalah Teams Games Tournament (TGT). Teams Games Tournament (TGT) merupakan salah satu tipe atau model pembelajaran kooperatif yang menempatkan siswa dalam kelompok-kelompok belajar. Dalam model tersebut terdapat sebuah turnamen untuk mengukur pemahaman siswa dan penghargaan kelompok yang menjadikan siswa lebih bersemangat dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar akidah akhlak ranah kognitif peserta didik di MTs. Negeri Tulungagung Tahun 2017/2018?, (2) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar akidah akhlak ranah afektif peserta didik di MTs. Negeri Tulungagung Tahun 2017/2018?, (3) Adakah pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar akidah akhlak ranah psikomotorik peserta didik di MTs. Negeri Tulungagung Tahun 2017/2018? Metode penelitian ini adalah kuantitatif dan jenis penelitiannya adalah eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Nonequivalent Control Group Design/Quasi Eksperimen Design atau eksperimen semu. Dengan menggunakan metode kuantitatif eksperimen yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar kognitif peserta didik di MTs. Negeri Tulungagung Tahun 2017/2018, (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT) terhadap hasil belajar afektif peserta didik di MTs. Negeri Tulungagung Tahun 2017/2018, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Turnament (TGT)

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: mahasiswa 1721143040 AIS SAWIYAH
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:48
Last Modified: 11 Jul 2018 06:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8283

Actions (login required)

View Item View Item