PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS SISWA KELAS VII DI MTS AS SYAFI’IYAH GONDANG TAHUN 2017-2018

NANDA JELITA LAILATUL KAROMAH, 1721143297 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR AL QUR’AN HADITS SISWA KELAS VII DI MTS AS SYAFI’IYAH GONDANG TAHUN 2017-2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (659kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (976kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (976kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (503kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (261kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (121kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII di MTs As Syafi’iyah Gondang Tahun 2017-2018” yang ditulis oleh Nanda Jelita Lailatul Karomah, NIM. 1721143297, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung. Dosen Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci: Snowball Throwing, Hasil Belajar Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya peserta didik ketika dalam proses pembelajaran tidak memperhatikan penjelasan dari guru bahkan mereka ramai sendiri, dan peserta didik jarang mengajukan pertanyaan, walaupun guru sering memberi kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya tentang hal-hal yang belum dipahami. Hal ini mengakibatkan hasil belajar peserta didik kurang maksimal. Oleh karena itu diperlukan pembelajaran yang memberikan kebebasan kepada siswa untuk mengembangkan kreatifitas siswa dalam membuat permasalahan dan memecahkan permasalahan. Pembelajaran tersebut adalah pembelajaran Snowball Throwing. Pembelajan Snowball Throwing adalah proses pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk membuat soal dan mencari jawaban dengan melemparkan soal tersebut kepada kelompok lain kemudian kelompok yang mendapatkan soal wajib menjawab dan melemparkannya kembali ke kelompok selanjutnya dan seterusnya. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar ranah Kognitif mata pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs As Syafi’iyah Gondang? (2) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar ranah Afektif mata pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs As Syafi’iyah Gondang? (3) Adakah pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar ranah Psikomotorik mata pelajaran Al Qur’an Hadits Siswa Kelas VII MTs As Syafi’iyah Gondang? Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan Quasi Eksperimen Design atau desain eksperimen semu tipe Non-equivalent Control Group Design, Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pembelajaran Snowball Throwing, variabel terikatnya adalah hasil belajar Al Qur’an Hadits siswa kelas VII MTs As Syafi’iyah Gondang. Populasi yaitu seluruh siswa kelas VII MTs As Syafi’iyah Gondang yang berjumlah 144 siswa. Pengambilan sampel digunakan teknik Cluster random sampling yaitu untuk pengambilan sampelnya berdasarkan daerah populasinya yang telah ditetapkan. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa dari kelas eksperimen (VII B) dan kelas kontrol (VII C). Teknik yang digunakan untuk pengambilan data yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Data yang diperoleh di analisa menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis yaitu t-test dengan rumus Polled Varian serta menghitung d menggunakan rumus Effect Size dari Cohen’s d. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan, hasil analisis dengan Uji-t pada hasil belajar ranah Kognitif diperoleh thitung = 4,778 sedangkan ttabel = 1,67252 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 56. Pengaruh yang dimiliki tergolong besar dengan nilai d = 1,246. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan, hasil analisis dengan Uji-t pada hasil belajar ranah Afektif diperoleh thitung = 3,526 sedangkan ttabel = 1,67252 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 56. Pengaruh yang dimiliki tergolong besar dengan nilai d = 0,916. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan, hasil analisis dengan Uji-t pada hasil belajar ranah Psikomotorik diperoleh thitung = 2,83 sedangkan ttabel = 1,67252 dengan taraf nyata α = 0,05 dan dk = 56. Pengaruh yang dimiliki tergolong sedang dengan nilai d = 0,736.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143297 NANDA JELITA LAILATUL KAROMAH
Date Deposited: 11 Jul 2018 06:50
Last Modified: 11 Jul 2018 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8281

Actions (login required)

View Item View Item