Penggunaan Media Kertas Lipat dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pecahan Pada Siwa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar

Irmawati, Aimatus (2012) Penggunaan Media Kertas Lipat dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pecahan Pada Siwa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]

[img] Text
cover terdepan.docx

Download (82kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PEMBIMBING.docx

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (24kB)
[img] Text
abstrak.docx

Download (13kB)
[img] Text
bab I karang.doc

Download (73kB)
[img] Text
bab II karang.docx

Download (57kB)
[img] Text
BAB III karang.docx

Download (59kB)
[img] Text
BAB IV karang.docx

Download (55kB)
[img] Text
BAB V karang.docx

Download (17kB)
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/

Abstract

Kata kunci : Pemahaman konsep, Media Kertas Lipat. Masih banyaknya siswa yang kurang memahami konsep operasi hitung pecahan khususnya penjumlahan dan pengurangan. Oleh karena itu untuk meningkatkan pemahaman konsep pada siswa,peneliti menggunakan media kertas lipat dikelas III Madrasah Ibtidaiyah Wahid Hasyim Gandekan Permasalahan Dalam Penelitian ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran berbantuan media kertas lipat materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar? (2) Bagaimana penguasan konsep matematika berbantuan media kertas lipatmateri operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar? (3) Bagaimana hasil pemahaman pembelajaran berbantuan media kertas lipat materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar? Adapun tujuan penlitian ini, (1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran berbantuan media kertas lipat materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar (2) Mengetauhi penguasaan konsep matematika materi operasi hitung penjumlahan dan penguranga pecahan pada siswa kelas III Wahid Hasyim 02 Wonodadi Blitar (3) Mengetauhi hasil pembelajaran berbantuan media kertas lipat materi operasi hitung penjumlahan dan pengurangan pecahan pada siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Gandekan Wonodadi Blitar. Pola penelitian dalam penelelitian ini adalah peneliti tindakan kelas. Sumber data dalam penelelitian ini adalah siswa kelas III MI Wahid Hasyim 02 Wonodadi Blitar. Metode pengumpulan data, Tes, Wawancara, Observasi, Dokumentasi, dan Catatan lapangan. Model anlisis data yang digunakan yaitu model alir (1) Reduksi data, (2) Menyajikan data, (3) Kesimpulan. Hasil penelitian menggunakan media kertas lipat yang dilakukan terbukti bahwa ada peningkatan pemahaman konsep pada siswa. Adapun hasil peningkatannya sebagai berikut:s keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran semakinmeningkat. Hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan aktifitas siswa ada peningkatan dari siklus I sampai 2 yaitu 71,43% meningkat menjadi 92,86 kategori sanagt baik. Untuk hasil tes juga mengalami peningkatan pada tes akhir, siklus I nilai siswa 69,3% dan pada siklus 2 nilai siswa 84,3 %. Demikian dapat disimpulkan bahwa pemahan konsep pada siswa mengalami peningkatan, dan siswa merasa senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan media kertas lipat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 26 Jan 2015 07:36
Last Modified: 26 Jan 2015 07:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/828

Actions (login required)

View Item View Item