STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG

NIMAS AYU KUSUMA WARDANI, 1725143207 (2018) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SDI MIFTAHUL HUDA PLOSOKANDANG KEDUNGWARU KABUPATEN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (453kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (563kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (191kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (271kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Nimas Ayu Kusuma Wardani, 1725143207, Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Jurusan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Drs. H. Timbul, M. Pd.I Kata Kunci: strategi kepala sekolah, pendidikan karakter Peningkatan kualitas pendidikan salah satunya melalui penanaman karakter sejak dini, melalui upaya strategi kepala sekolah dalam meningkatkan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan unuk mengetahui upaya pengembangan pendidikan karakter dan bentuk dukungan yang diberikan kepala sekolah dalam upaya pengembangan pendidikan karakter di SDI Miftahul Huda Plosokandang Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas V dan guru olah raga. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memiliki 3 fokus penelilitian, yaitu (1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam meningkatkan Pendidikan Karakter, (2) Bagaimana hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan Pendidikan Karakter (3) Bagaimana Solusi dari hambatan kepala sekolah dalam meningkatkan Pendidikan Karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilalkukan guna untuk meningkatkan pendidikan karakter Peningkatan pendidikan karakter melalui strategi strategi kepala sekolah ynag juga dijalankan oleh bapak ibu guru yaitu membiasakan anak pada kegiatan yang rutin setiap hari dilakukan seperti Guru membiasakan budaya religius terhadap siswa, yaitu membudayakan bersalaman setiap pagi dengan bapak ibu guru di depan gerbang masuk dan juga bersalaman dengan bapak ibu guru setiap pulang sekolah di kelas masing-masing, solat dhuha berjamaah, solat dhuhur berjamaah, serta melaksanakan solat jumat berjamah bagi laki-laki di Masjid dekat sekolah, tadarus Al-Qur’an, serta doa SP (doa-doa dan surat pendek) setiap pagi dan untuk kegiatan umum lainnya seperti terselenggarakannya ekstra kurikuler yang menambah minat dan bakat siswa sehingga dapat membentuk pola pikir yang positif sehingga tercermin dari perilaku keseharian di rumah maupun di lingkungan sekolah

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143207 NIMAS AYU KUSUMA WARDANI
Date Deposited: 16 Jul 2018 02:58
Last Modified: 16 Jul 2018 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8270

Actions (login required)

View Item View Item