UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MIN 2 BLITAR

SITI MUNIFATUL NIKMAH, 1725143276 (2018) UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR SISWA DI MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (94kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa di MIN 2 Blitar” ini ditulis Siti Munifatul Nikmah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM. 1725143276, pembimbing Abdul Aziz Faradi, M.Hum. Kata kunci: Upaya guru, kesulitan belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah itu pasti setiap siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan belajar yang dialami siswa disebabkan oleh berbagai faktor. Guru harus mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa, kemudian mencari solusi yang tepat serta mengatasi kesulitan belajar tersebut agar tercapai tujuan pendidikan seoptimal mungkin. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana kondisi belajar dan kesulitan apa saja yang dialami siswa kelas V-A di MIN 2 Blitar?, (2) Apa faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas V-A di MIN 2 Blitar?, (3) Apa usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V-A di MIN 2 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan kondisi belajar dan kesulitan belajar yang dialami siswa kelas V-A MIN 2 Blitar, (2) Untuk mendeskripsikan faktor yang menyebabkan kesulitan belajar siswa kelas V-A di MIN 2 Blitar, (3) Untuk mendeskripsikan usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas V-A di MIN 2 Blitar. Skripsi ini bermanfaat bagi guru wali kelas V-A MIN 2 Blitar, sebagai sumbangan pemikiran dalam mengetahui kesulitan belajar dan mencari solusi untuk mengatasi kesulitan belajar siswa. Bagi siswa kelas V-A MIN 2 Blitar sebagai bahan renungan untuk memperbaiki belajarnya sehingga prestasi belajar meningkat. Bagi para peneliti lain sebagai bahan referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini digunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh keobyektifan data tentang bagaimana kegiatan pembelajaran guru dan keaktifan siswa. Wawancara digunakan untuk menggali data tentang upaya guru dan kegiatan belajar siswa. Dokumentasi digunakan untuk memperoleh data tentang dokumen madrasah dan kegiatan belajar mengajar saat berada di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi belajar siswa di MIN 2 Blitar saat pembelajaran berlangsung itu sulit dikondisikan seperti ramai, bergurau, jahil, berbicara dengan temannya, menghadap kebelakang ketika guru menyampaikan materi sehingga munculah kesulitan belajar yaitu kesulitan konsentrasi dan jenuh dalam belajar. Hal tersebut dapat menjadikan siswa mengalami kesulitan untuk menerima materi dan nilai siswa menjadi menurun. Namun disisi lain guru sudah berperan sebagaimana mestinya peran seorang guru. Faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar yaitu faktor dari guru saat kegiatan pembelajaran berlangsung, lingkungan sekolah dan orang tua. Dalam mengatasi kesulitan belajar siswa, guru berupaya semaksimal mungkin yaitu memastikan kesiapan siswa dalam belajar dengan memberikan motivasi, menggunakan media pembelajaran, memberikan bimbingan dan tuntunan kepada siswa, mengadakan pergantian tempat duduk, mengulang materi, meminta siswa mengambil air wudhu jika ada siswa yang tertidur atau melamun saat pembelajaran di kelas, mengadakan program perbaikan, mengadakan rapat dengan wali murid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143276 SITI MUNIFATUL NIKMAH
Date Deposited: 11 Jul 2018 04:43
Last Modified: 11 Jul 2018 04:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8269

Actions (login required)

View Item View Item