PENGARUH PEMBELAJARAN STRUCTURED PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BANDUNG

MUHAMMAD EKO BUDI RISMANTO, 1724143170 (2018) PENGARUH PEMBELAJARAN STRUCTURED PROBLEM POSING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 1 BANDUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (995kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (198kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (46kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (385kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Structured Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 Bnadung”. Disusun oleh Muhammad Eko Budi Rismanto (1724143170), pembimbing Ummu Sholihah, M.Si. Kata kunci: Stuctured Problem Posing, Berpikir Kreatif, dan Hasil Belajar Kemampuan berpikir kreatif adalah keterampilan yang harus ditingkatkan oleh murid karena memiliki banyak manfaat dari pemikiran kreatif. Selain itu, kita dapat melihat seberapa besar hasil belajar yang dimiliki siswa dalam proses belajar, karena siswa yang dapat berpikir kreatif itu tidak berarti mereka tidak dapat memiliki hasil yang baik dalam proses belajar mereka, salah satu solusi yang meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dan proses pembelajaran adalah menerapkan pendekatan Problem Posing dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Structured Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Negeri 1 Bandung? (2) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Structured Problem Posing terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung? (3) Untuk Mengetahui ada tidaknya pengaruh pendekatan pembelajaran Structured Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung?. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experimental Design. Sampel penelitian sebanyak 67 siswa terdiri dari 33 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan Teknik Purposive Sampling pada kelas X. pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar setelah perlakuan dan menggunakan instrument tes.Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Manova. Hasil penelitian Menunjukkan:(1) Ada pengaruh pendekatan pembelajaran Structured Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa SMK Negeri 1 Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung ≥ Ftabel atau 10,772 ≥ 3,14 dan Sig. 0,002 < 0,05 pada taraf signifikansi 5%. (2) Tidak ada pengaruh pendekatan pembelajaran Structured Problem Posing terhadap hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung < Ftabel atau 0,426 < 3,14 dan Sig. 0,516 ≥ 0,05 pada taraf signifikansi 5%. (3) Tidak ada pengaruh pendekatan pembelajaran Structured Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa SMK Negeri 1 Bandung. Hal ini ditunjukkan dengan Fhitung < Ftabel atau 0,426 < 3,14 dan Sig. 0,516 ≥ 0,05 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mochamad Misbakhudin
Date Deposited: 09 Jul 2018 08:34
Last Modified: 09 Jul 2018 08:34
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8257

Actions (login required)

View Item View Item