PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ALI MAKSUM, 1721143275 (2018) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI TERHADAP KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMPN 1 SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (523kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (328kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (386kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Terhadap Karakter Religius Siswa Di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Ali Maksum, NIM. 1721143275. jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, Pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata kunci: Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti, Karakter Religius Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan yang hanya mengutamakan potensi ranah kognitif saja, tetapi lemah dari segi afektif dan psikomotorik. Dampak hal ini diantaranya peserta didik pandai tetapi belum tentu memiliki perilaku yang mulia. Pembentukkan karakter religius sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya di sekolah untuk merubah perilaku peserta didik yang kurang baik menjadi baik atau mempunyai akhlak al karimah. Untuk mewujudkan perilaku yang baik dan mulia dalam diri peserta didik, maka di sekolah perlu diadakan pembentukkan karakter religius. Melihat hal itu, peneliti tertarik untuk mengkajinya lebih jauh tentang pengaruh pendidikan agama Islam dan budi pekerti terhadap karakter religius siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap cinta damai ? (2) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap toleransi ? (3) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap ikhlas ? (4) Adakah pengaruh pengaruh Pendidikan Agama Islam dan budi pekerti terhadap cinta damai, toleransi, ikhlas ? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan dengan populasi seluruh siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung, yang terdiri dari 1123 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 168 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, sedangkan variabel terikatnya adalah Karakter Religius siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, teknik analisis data dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, homogenita dan manova dengan bantuan SPSS for Windows 19.0. Hasil penelitian : (1) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap cinta damai siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (2) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap toleransi siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung.(3) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap ikhlas siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. (4) Ada pengaruh signifikan antara pendidikan agama islam dan budi pekerti terhadap cinta damai, toleransi, ikhlas siswa di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung. Semuanya ditunjukkan oleh hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: skripsi 1721143275 MUHAMMAD ALI MAKSUM
Date Deposited: 10 Jul 2018 07:09
Last Modified: 10 Jul 2018 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8256

Actions (login required)

View Item View Item