PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MEDIA CETAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018

HIMMATUL ‘ALIYYAH, 1721143166 (2018) PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN BELAJAR DAN MEDIA CETAK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATA PELAJARAN PAI DI SMK PGRI 1 TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (573kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (842kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (722kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (681kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (227kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Pemanfaatan Linkungan Belajar dan Media Cetak Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Kelas XI di SMK PGRI 1 Tulungagung Tahun Ajaran 2017/2018”, ini ditulis oleh Himmatul ‘Aliyyah, NIM. 1721143166. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Sulistyorini, M. Ag, NIP. 19651215 200312 2 001. Kata Kunci: Pemanfaatan Lingkungan Belajar, Pemanfaatan media cetak, Prestasi Belajar PAI. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sedemikian pesat telah membawa pengaruh dan perubahan bagi kehidupan manusia, termasuk dalam dunia pendidikan. Sehingga guru dalam pengajarannya harus dapat memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran terutama lingkungan belajar dan media cetak yang merupakan bagian dari kehidupan peserta didik seperti sarana prasarana belajar yang lengkap yang harus dimiliki oleh pihak sekolah untuk mendukung adanya variasi dalam pengajaran sebagai jalan untuk memberi atau menyampaikan materi pelajaran kepada siswanya. Semakin guru kreatif dalam memanfaatkan sumber dan media dalam pembelajaran, maka akan lebih baik pula daya serap siswa terhadap materi pelajaran, sehingga prestasi belajar siswa menjadi lebih baik dan lebih meningkat di SMK PGRI 1 Tulungagung Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh pemanfaatan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018? (2) Adakah pengaruh pemanfaatan media cetak terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama antara pemanfaatan lingkungan belajar dan media cetak terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung Tahun ajaran 2017/2018? Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif ex-postfacto dengan jenis korelasi. Populasi berjumlah 328 siswa kelas XI SMK PGRI 1 Tulungagung. Dengan jumlah sampel di ambil sebesar 25% dari jumlah populasi dan diperoleh sampel 82 siswa. Variabel penelitian terdiri dari variable bebas yaitu pemanfaatan lingkungan belajar dan pemanfaatan media cetak, dan variabel terikat yaitu prestasi belajar PAI. Sumber data dari responden dan dokumentasi. Metode pengumpulan data menggunakanobservasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana, uji linier berganda, uji t dan uji F, dengan bantuan SPSS for Windows 16.0. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pemanfaatan lingkungan belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung sebesar 1,989 dengan thitung sebesar 2,219 dan nilai ttabel untuk responden sebesar 82 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,989 maka dapat diketahui thitung > ttabel atau 2,219 > 1,989 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (2) Pemanfaatan media cetak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung sebesar 1,989 dengan thitung sebesar 2,545 dan nilai ttabel untuk responden sebesar 82 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 1,989 maka dapat diketahui thitung > ttabel atau 2,545 > 1,989 dan tsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. (3) Pemanfaatan lingkungan belajar dan Pemanfaatan media cetak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran PAI di SMK PGRI 1 Tulungagung sebesar 3,96 dengan Fhitung sebesar 5,868 dan nilai Ftabel untuk responden sebesar 82 dengan taraf signifikansi 5% sebesar 3,96 maka dapat diketahui Fhitung > Ftabel atau 5,868 > 3,96 dan Fsig < α atau 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Tinggi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143166 HIMMATUL ‘ALIYYAH
Date Deposited: 09 Jul 2018 07:31
Last Modified: 09 Jul 2018 07:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8249

Actions (login required)

View Item View Item