STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MELAYU AL HIDAYATUL ISLAMIYAH POMING PANAREK PATTANI THAILAND

CHUSNATUN NIHAYAH, 1725143048 (2018) STRATEGI GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA ARAB PESERTA DIDIK DI SEKOLAH MELAYU AL HIDAYATUL ISLAMIYAH POMING PANAREK PATTANI THAILAND. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (24MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (113kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (331kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Bahasa Arab Peserta Didik di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming Panarek Pattani Thailand” di tulis oleh Chusnatun Nihayah, NIM 1725143048, Pembimbing Muhammad Zaini, M.A. Kata kunci: Strategi guru, Kesulitan Belajar. Salah satu hambatan dalam mencapai kompetensi adalah kesulitan belajar. Kesulitan belajar merupakan sebuah penyakit pada saat proses pembelajaran. Tentu saja kesulitan belajar ini sangat menghambat dalam belajar. Apalagi mata pelajaran bahasa asing yang notabennya dianggap sulit. Selain peserta didik yang mengalami kerugian karena tidak faham dalam belajar, sekolah juga pasti dirugikan karena standar kompetensi tidak tercapai dengan baik. Langkah pertama dalam mengatasi masalah ini adalah guru sebagai pendidik harus mencari cara atau menyusun strategi untuk menyembuhkan kesulitan belajar yang dialami peserta didik, agar proses belajar tetap berjalan dengan lancar. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana bentuk kesulitan belajar bahasa arab peserta didik unsur penguasaan mufradat di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming Panarek Pattani Thailand. (2) Bagaimana pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa arab peserta didik unsur penguasaan mufradat di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming Panarek Pattani Thailand. Skripsi ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan memaparkan (1) bentuk kesulitan belajar bahasa arab peserta didik unsur penguasaan mufradat di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming Panarek Pattani Thailand. (2) pelaksanaan strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa arab peserta didik unsur penguasaan mufradat di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming Panarek Pattani Thailand. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming Panarek Pattani Thailand. Pengumpulan datanya menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi dengan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sementara dalam melakukan teknik keabsahan data, peneliti melakukan perpanjangan waktu observasi, ketekunan dan keajegan pengamatan dan triangulasi data. Pada tahap penelitian, peneliti menggunakan tahap pra-lapanan, pelaksanaan, dan laporan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Bentuk-bentuk kesulitan belajar bahasa arab peserta didik unsur penguasaan mufradat yaitu susah dalam mengingat, lambat dalam menghafal, bersikap acuh pada pelajaran bahasa arab dan prestasi hafalan mereka yang menurun. Bentuk-bentuk kesulitan diatas disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor internal dan faktor eksternal dari peserta didik. (2) Strategi yang diakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar bahasa arab unsur penguasaan mufradat di Sekolah Melayu Al Hidayatul Islamiyah Poming yaitu guru memilih strategi pembelajaran langsung atau ekspositori. Kemudian dari strategi ini guru menggunakan metode menghafal, lagu, game dan gambar serta metode mix antara lagu dan gambar.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143048 CHUSNATUN NIHAYAH
Date Deposited: 09 Jul 2018 03:51
Last Modified: 09 Jul 2018 03:51
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8247

Actions (login required)

View Item View Item