ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN 2018

AHMAD EFENDI, 1724143009 (2018) ANALISIS PROSES BERPIKIR KRITIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA KELAS VII MTs MA’ARIF BAKUNG UDANAWU BLITAR TAHUN 2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (462kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (169kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (147kB)

Abstract

ABSTRAK Efendi, Ahmad. 2018. Analisis Proses Berpikir Kritis dalam Menyelesaikan Masalah Materi Aritmetika Sosial Siswa Kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing Dr. Dewi Asmarani, M.Pd Kata Kunci: Proses, Berpikir Kritis, Aritmetika Sosial. Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi matematika siswa yang tergolong masih rendah. Hal ini disebabkan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa masih rendah. Oleh sebab itu siswa perlu latihan-latihan berupa soal cerita yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari, seperti jual beli dalam konteks materi aritmetika. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah materi aritmetika sosial siswa berkemampuan matematika tinggi kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun 2018, 2) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah materi aritmetika sosial siswa berkemampuan matematika sedang kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun 2018, 3) Untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis dalam menyelesaikan masalah materi aritmetika sosial siswa berkemampuan matematika rendah kelas VII MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar tahun 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskripstif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII-J MTs Ma’arif Bakung Udanawu Blitar dengan sampel penelitian sebanyak 6 siswa (2 siswa berkemampuan matematika tinggi, 2 siswa berkemampuan matematika sedang, dan 2 siswa berkemampuan matematika rendah). Tehnik pengumpulan data berupa hasil tes tulis dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu reduski data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dilihat dari perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegan pengamat, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini, mendeskripsikan bahwa proses berpikir kritis siswa berkemampuan matematika tinggi adalah mampu melewati langkah Identify, Define, Analyze, List dan Self-Correct, tetapi tidak dapat melewati langkah Enumerate dalam menyelesakan masalah. Proses berpikir siswa berkemampuan matematika sedang adalah mampu melewati langkah Identify, Define, Analyze, dan List, tetapi tidak dapat memenuhi langkah Enumerate dan Self-Correct dalam menyelesaikan masalah, sedangkan proses berpikir kritis siswa berkemampuan matematika rendah adalah mampu melewati langkah Identify, dan Define., tetapi tidak dapat memenuhi langkah Analyze, List, Enumerate dan Self-Correct dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143009 AHMAD EFENDI
Date Deposited: 13 Jul 2018 01:07
Last Modified: 13 Jul 2018 01:07
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8246

Actions (login required)

View Item View Item