Strategi Kiai dalam Melakukan Pembelajaran Agama Islam di Masyarakat (Studi Multi Situs di Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung)

Siti Khoirun Nisak, 1756154048 (2017) Strategi Kiai dalam Melakukan Pembelajaran Agama Islam di Masyarakat (Studi Multi Situs di Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). [ Thesis ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (613kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (307kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (331kB)
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (222kB)

Abstract

Siti Khoirun Nisak, 2017, “Strategi Kiai dalam Melakukan Pembelajaran Agama Islam di Masyarakat (Studi Multi Situs di Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana, IAIN Tulungagung. Pembimbing: (1) Prof. Dr. H. Achmad Patoni, M. Ag. dan (2) Dr. Hj. Anin Nurhayati, M. Pd. I. Kata Kunci: Strategi Kiai, Pembelajaran Agama Islam, Masyarakat. Pembelajaran adalah suatu proses membuat / menyebabkan orang lain belajar untuk mencapai tujuan tertentu. Pembelajaran terdiri atas pembelajaran formal, nonformal, dan informal. Pembelajaran informal adalah pembelajaran di masyarakat. Perkembangan modernisme memberikan tempat dan penghargaan terlalu tinggi terhadap materi. Ditambah adanya paham-paham radikal dan ekstrimisme yang masih kurang dipahami oleh masyarakat desa. Implikasinya, kekuatan iman semakin mengalami degradasi serta timbulnya kekerasan. Ini membuat tokoh / kiai di desa mempunyai peran sangat penting dalam pembelajaran agama Islam di masyarakat. Namun intensitas pembelajaran agama Islam semakin tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya yaitu di Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung yang mayoritas warganya nahdliyin. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini berfokus pada strategi kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam di masyarakat Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung. Mendasari fokus penelitian tersebut maka pertanyaan penelitian ini adalah (1) Bagaimana cara kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam di masyarakat Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung? (2) Bagaimana bentuk penyampaian kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam di masyarakat Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung? (3) Bagaimana dampak kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam di masyarakat Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung Kecamatan Besuki Kabupaten Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan cara, bentuk penyampaian, dan dampak kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam di Desa Besole dan Desa Tanggul Kundung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data situs tunggal dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam melalui dialog Qur’ani dan Nabawi, kisah/cerita Qur’ani dan Nabawi, perumpamaan, keteladanan, praktik dan perbuatan, ibrah dan nasihat, atau targhib dan tarhib. Bentuk penyampaian kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam di masyarakat adalah melalui kebiasaan atau adat, seperti yasinan, tahlilan, slametan, muludan, shalawatan, megengan, dzikir pida’, dan shalat berjamaah. Dampak kiai dalam melakukan pembelajaran agama Islam adalah membantu meningkatnya akhlak masyarakat.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Agama
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Tesis 1756154048 Siti Khoirun Nisak
Date Deposited: 06 Jul 2018 09:18
Last Modified: 06 Jul 2018 09:18
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8240

Actions (login required)

View Item View Item