PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NURUL HUDA SEGAWE PAGERWOJO TULUNGAGUNG

RISQI SATRIA ADI PUTRA, 1721143350 (2018) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN (TPQ) NURUL HUDA SEGAWE PAGERWOJO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (452kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (465kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (59kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (633kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (914kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (792kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (198kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (318kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Segawe Pagerwojo Tulungagung”, ini ditulis oleh Risqi Satria Adi Putra, NIM. 1721143350, pembimbing Dr. H. Nur Efendi, M.Ag. Kata Kunci: Membaca al-Qur’an, Metode Tilawati. Penelitian ini dilatar belakangi pelaksanaan penerapan membaca al-Qur’an yang masih cenderung menggunakan nada lurus dalam pembelajarannya, sehingga terkesan monoton yang berdampak kurang diminati oleh santri. Oleh karena itu beragam pula cara yang dipakai untuk membaca al-Qur’an. Salah satu metode yang berkembang saat ini adalah metode Tilawati. Metode Tilawati dipandang sebagai salah satu metode alternatif yang dapat membantu santri dalam belajar membaca al-Qur’an. Atas dasar itu, penelitian ini difokuskan pada: 1) Bagaimana penerapan metode tilawati pada tahap at-Tahqiq dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?, 2) Bagaimana penerapan metode tilawati pada tahap at-Tadwir dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung?, 3) Bagaimana penerapan metode tilawati pada tahap al-Hadr dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung? Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penerapan metode tilawati pada tahap at-Tahqiq dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui penerapan metode tilawati pada tahap at-Tadwir dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Untuk mengetahui penerapan metode tilawati pada tahap al-Hadr dalam pembelajaran membaca al-Qur’an di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Nurul Huda Desa Segawe Kecamatan Pagerwojo Kabupaten Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah termasuk dalam penelitian kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa reduksi data, penyajian data dan vertifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data dengan Triangulasi, ketentuan pengamatan dan pembahasan teman sejawat. Untuk tahap penelitian menggunakan tahap perencanaan, tahap persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data dan tahap penyelesaian. Hasil dari penelitian mengungkapkan bahwa: Pertama, pembelajaran membaca al-Qur’an dengan cara at-Tahqiq lebih cocok digunakan untuk santri pemula yang masih dalam tahap pengenalan huruf hijaiyah. Kedua, pembelajaran membaca al-Qur’an dengan cara at-Tadwir digunakan bagi santri yang sudah menempuh jilid sebelumnya yakni jilid 1 dan 2. Karena pada jilid 1 dan 2 santri sudah dirasa mampu meningkatkan tempo bacaan dari pelan ke sedang. Dengan tetap adanya pendampingan dai ustadz/ustadzah. Ketiga, pembelajaran membaca al-Qur’an dengan al-Hadr digunakan bagi santri yang sudah benar-benar lancar dalam membaca al-Qur’an. Untuk cara ini (al-Hadr) digunakan pada santri jilid 6 dan santri yang sudah sampai al-Qur’an, karena pada jilid 6 dan santri yang sudah sampai al-Qur’an ini dirasa sudah hafal dengan huruf hijaiyah, sudah bisa dengan hukum bacaan tajwid serta makhorijul hurufnya, meskipun tidak secara mendalam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143350 RISQI SATRIA ADI PUTRA
Date Deposited: 20 Jul 2018 02:45
Last Modified: 20 Jul 2018 02:45
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8228

Actions (login required)

View Item View Item