PENALARAN INDUKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI RELASI DAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMPN 1 POGALAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018

SUCI WULANDARI, 1724143239 (2018) PENALARAN INDUKTIF DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATERI RELASI DAN FUNGSI SISWA KELAS VIII SMPN 1 POGALAN TRENGGALEK TAHUN AJARAN 2017/2018. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (710kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (594kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (391kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (511kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (200kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (350kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (154kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)

Abstract

ABSTRAK Wulandari, Suci. NIM. 1724143239, 2018 “Penalaran Induktif dalam Menyelesaikan Soal Materi Relasi dan Fungsi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pogalan Trenggalek Tahun Ajaran 2017/2018”. Jurusan Tadris Matermatika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. Pembimbing: Miswanto, M.Pd. Kata Kunci: Penalaran Induktif, Relasi, Fungsi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena bahwa kurangnya minat belajar terhadap matematika dan tingkat pemahaman siswa dalam materi prasyarat rendah. Siswa dalam menyelesaian soal tidak menuliskan pengelolaan data dalam hal ini, yaitu yang diketahui. Mencari kesimpulan sesuai dengan yang diketahui tidak dituliskan. Siswa kurang mampu dalam hal menarik kesimpulan umum (generalisasi). Pada umumnya siswa yang memiliki kemampuan matematika tinggi, memiliki kemampuan penalaran induktif yang tinggi juga. Siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang memiliki penalaran induktif yang sedang juga. Siswa yang memiliki kemampuan matematika rendah memiliki penalaran induktif yang rendah juga. Materi relasi dan fungsi digunakan dalam penelitian ini karena terdapat rumus fungsi yang dapat digunakan menyimpulkan dari umum ke khusus. Peneliti, dalam hal ini membahas tentang penalaran induktif siswa dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi di SMPN 1 Pogalan Trenggalek. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penalaran induktif dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi siswa berkemampuan tinggi kelas VIII di SMPN 1 Pogalan tahun ajaran 201 7/2018? (2) Bagaimana penalaran induktif dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi siswa berkemampuan sedang kelas VIII di SMPN 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018? (3) Bagaimana penalaran induktif dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi siswa berkemampuan rendah kelas VIII di SMPN 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penalaran induktif dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi siswa berkemampuan tinggi kelas VIII di SMPN 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan penalaran induktif dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi siswa berkemampuan sedang kelas VIII di SMPN 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018. (3) Mendeskripsikan penalaran induktif dalam menyelesaikan soal materi relasi dan fungsi siswa berkemampuan rendah kelas VIII di SMPN 1 Pogalan tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Metode dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan peneliti untuk mengetahui keadaan siswa di lapangan. Metode tes tertulis dan wawancara digunakan untuk mengetahui penalaran induktif siswa dalam menyelesaikan materi relasi dan fungsi. Metode dokumentasi digunakan untuk menggali data yang diperlukan dalam penelitian. Triangulasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Siswa yang berkemampuan tinggi memiliki penalaran induktif yang tinggi pada materi relasi dan fungsi dikarenakan hampir mencapai semua indikator penalaran induktif yang tidak dicapai yaitu indikator memperkirakan jawaban pada soal yang berkaitan rumus fungsi. (2) Siswa yang berkamapuan sedang memiliki penalaran induktif yang sedang juga pada materi relasi dan fungsi dikarenakan indikator generalisasi dan memperkirakan jawaban tidak dipenuhi. (3) Siswa yang berkamapuan rendah memiliki penalaran induktif yang rendah juga pada materi relasi dan fungsi dikarenakan tidak dipenuhi indikator penalaran induktif generalisasi, analogi dan memperkirakan jawaban. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Siswa yang berkemampuan tinggi hampir mencapai semua indikator penalaran induktif sehingga siswa mempunyai penalaran induktif tingkat tinggi pada materi relasi serta fungsi. (2) Siswa yang berkemampuan sedang tidak mencapai semua indikator penalaran induktif yaitu generalisasi dan memperkirakan jawaban sehingga siswa mempunyai penalaran induktif tingkat sedang pada materi relasi dan fungsi. (3) Siswa yang berkemampuan rendah tidak mencapai semua indikator penalaran induktif yaitu generalisasi dan analogi serta memperkirakan jawaban dengan solusi sehingga siswa mempunyai penalaran induktif tingkat rendah pada materi relasi dan fungsi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 1724143239 SUCI WULANDARI
Date Deposited: 06 Jul 2018 02:14
Last Modified: 06 Jul 2018 02:14
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/8223

Actions (login required)

View Item View Item