UPAYA ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN PADA USIA ANAK-ANAK DI TPQ AR-ROHMAN KEMAYAN MOJO KEDIRI

ATIKA CHOIRUNNISA’, 1721143075 (2018) UPAYA ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR AL-QUR’AN PADA USIA ANAK-ANAK DI TPQ AR-ROHMAN KEMAYAN MOJO KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (110kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Orangtua dalam meningkatkan motivasi belajar Al-Quran pada usia anak-anak di Taman Pendidikan Quran (TPQ) Ar-Rohman Kemayan Mojo Kediri” ini ditulis oleh Atika Choirunnisa’, NIM. 1721143075, Pembimbing Drs. H. Muh. Kharis M.Pd Kata Kunci : Upaya Orangtua, Motivasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi dari sebuah fenomena pendidikan saat ini, banyak anak yang memelajari Ilmu dunia, namun masih juga ada sebagian yang belajar dengan tekun di Taman Pendidikan Quran (TPQ) untuk belajar Al-Quran, hal ini dipengaruhi oleh beberapa upaya yang dilakukan orangtua untuk mendorong anak-anaknya untuk belajar Al-Quran di TPQ. seberapa besar dorongan yang dilakukan orangtua juga akan berpengaruh kepada kemajuan anaknya sehingga anak tersebut termotivasi untuk belajar di TPQ. Hal ini juga dilatar belakangi oleh orangtua yang menginginkan anaknya menjadi penghafal yang baik dan benar serta sesuai dengan ajaran Al-Quran sehingga orangtua melakukan upaya-upaya yang bermacam-macam untuk mengambil hati anaknya supaya rajin belajar Al-Quran di TPQ bersama rekan-rekan sebaya yang lainnya Berdasarkan latar belakang seperti diatas, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Upaya Orangtua dalam meningkatkan Motivasi Intrinsik dalam belajar Al-Quran pada Usia anak-anak di TPQ Ar-Rohman Kemayan Mojo Kediri Tahun 2017? (2) Bagaimana Upaya Orangtua dalam meningkatkan Motivasi Ekstrinsik dalam belajar Al-Quran pada Usia anak-anak di TPQ Ar-Rohman Kemayan Mojo Kediri Tahun 2017? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan upaya orangtua dalam meningkatkan motivasi intrinsik belajar Al-Quran pada usia anak-anak. 2) Untuk mendeskripsikan upaya orangtua dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar Al-Quran pada usia anak-anak. Skripsi ini bermanfaat bagi Orangtua sebagai sumbangan pemikiran untuk bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar Al-Quran pada usia anak-anak. Manfaat untuk anak-anak santri supaya menjadi bahan renungan bahwa umat islam selayaknya memelajari kitab suci Al-Quran sebagai pedoman hidup sehingga kehidupan anak-anak kelak menjadi teratur serta terarah. Bagi para pembaca/peneliti lain skripsi ini bisa dijadikan sebagai bahan masukan atau referensi yang cukup berarti bagi peneliti lebih lanjut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan temuan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajekan pengamat, triangulasi (triangulasi sumber dan triangulasi metode), dan pemeriksaan atau pengecekan teman sejawat. Hasil penelitian: 1) upaya orangtua dalam meningkatkan motivasi intrinsik belajar Al-Quran pada usia anak-anak yaitu dengan membelikan jajan terlebih dahulu sebelum kegiatan belajar di TPQ dimulai, kemudian orangtua menunggui anaknya yang sedang belajar hingga kegiatan belajar selesai, ada juga upaya yang dilakukan yaitu dengan memberikan uang saku untuk anaknya membeli makanan kecil atau membeli mainan 2) upaya orangtua dalam meningkatkan motivasi ekstrinsik belajar Al-Quran pada usia anak-anak di TPQ. yaitu dengan adanya kurikulum hafalan di Madrasah Ibtida’iyah (MI) maka anak tersebut termotivasi untuk belajar di TPQ, selain hal tersebut dengan diberikannya fasilitas yang memadahi oleh orangtua, anak tersebut juga menjadi berkeinginan untuk belajar di TPQ, bahkan juga dengan ia belajar di TPQ sehingga mendapat banyak teman juga hal pemicu meningkatkan motivasi anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 1721143075 ATIKA CHOIRUNNISA’
Date Deposited: 09 Jul 2018 02:46
Last Modified: 09 Jul 2018 02:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8221

Actions (login required)

View Item View Item