IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLEGENCES DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG

ALFI NURIN DHOFARINA, 1725143012 (2018) IMPLEMENTASI MULTIPLE INTELLEGENCES DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (809kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (403kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (577kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi multiple intellegences dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung” ini ditulis oleh Alfi Nurin Dhofarina, Pembimbing Dr. H. Zaini Fasya, M.Pd.I Kata Kuci: Multiple intellegences, karakter siswa Latar belakang penelitian ini didasari oleh sebuah pernyataan Howard Gardner bahwa tidak ada anak yang bodoh, melainkan yang ada adalah anak yang menonjol dalam salah satu atau beberapa jenis kecerdasan. Oleh karena ini diperlukan sebuah lembaga pendidikan yang bisa menerapkan kecerdasan-kecerdasan bagi anak yang nantinya diharapkan dapat mengoptimalkan kecerdasan-kecerdasan mereka sekaligus dapat menumbuhkan karakter yang diinginkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana implementasi kecerdasan linguistik dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung? (2) Bagaimana implementasi kecerdasan kinestetik dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung? (3) Bagaimana implementasi kecerdasan interpersonal dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui implementasi kecerdasan linguistik dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung, (2) Mengetahui implementasi kecerdasan kinestetik dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung, (3) Mengetahui implementasi kecerdasan interpersonal dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Jenis penelitian ini adalah studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi kecerdasan linguistik dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung pelaksanaannya adalah dengan menitik tekankan melalui kegiatan pembiasaan sehari-hari yang meliputi membaca surat-surat tertentu, mengadakan agenda bulanan, menghafalkan mufrodat dan dalil-dalil tertentu, bimbingan ekstrakurikuler tiga bahasa, mempresentasikan hasil kerja. Namun, dalam penerapannya terdapat kendala antara lain kurangnya rasa percaya diri siswa untuk mengutarakan pendapatnya. (2) Implementasi kecerdasan kinestetik dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung pelaksanaannya menitik tekankan pada kegiatan shalat dhuha dan dhuhur secara berjamaah, senyum salam sapa serta berjabat tangan, membuang sampah pada tempatnya, mempraktikkan materi tertentu, mencuci wadah makan setelah selesai digunakan, dan senam bersama setiap hari Jumat dan Sabtu. Namun terdapat kendala saat penerapannya antara lain beberapa guru piket telat sehingga tidak mengikuti kegiatan berjabat tangan dipagi hari, masih adanya siswa yang membuang sampah tidak pada tempatnya. (3) Implementasi kecerdasan interpersonal dalam membentuk karakter siswa di MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung pelaksanaannya menitik tekankan pada memberikan tugas kelompok, menerapakan metode pembelajaran tutor sebaya, Memberikan jadwal adzan untuk sholat dhuhur. Namun terdapat kendala saat penerapannya antara ketika pembelajaran berkelompok ada beberapa anak yang ramai, siswa yang ditunjuk untuk menjadi tutor sebaya terkadang masih belum percaya diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 1725143012 ALFI NURIN DHOFARINA
Date Deposited: 06 Aug 2018 03:38
Last Modified: 06 Aug 2018 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8220

Actions (login required)

View Item View Item