Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Pada BMT Tulungagung

Rochmaniah, Ana (2014) Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pembiayaan Pada BMT Tulungagung. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
halaman depan ana.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I+II+III+IV.pdf

Download (755kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/cgi/users/home?...

Abstract

Penelitian dalam skrispsi ini dilatarbelakangi dengan semakin banyak bermunculan perbankan syari’ah di Indonesia. Tidak lain halnya dengan BMT. Karena BMT bergerak dalam bidang peningkatan ekonomi masyarakat kecil. Tentunya setiap lembaga menginginkan hal terbaik untuk memuaskan para nasabahnya. Karena nasabah semakin cerdas, kritis dan mempunyai banyak pilihan untuk memilih menghimpun dananya. Loyalitas nasabah dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya yaitu kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah (1) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BMT? (2) Apakah kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BMT? (3) Apakah kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah?. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas nasabah pada BMT. (2) Untuk menganalisis pengaruh kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah pada BMT. (3) Untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah secara bersama-sama berpengaruh terhadap loyalitas nasabah pada BMT. Dalam Penelitian ini digunakan metode angket, observasi dan dokumentasi. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah terhadap loyalitas nasabah yang digunakan sebagai sampel penelitian. Sedangkan metode observasi dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi dan sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan negatif yang tidak signifikan antara kualitas pelayanan dengan loyalitas nasabah. Hasil hitung menggunakan taraf signifikan 5% ternyata nilai kualitas pelayanan lebih besar, dengan demikian hipotesis pertama ditolak (2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kepuasan nasabah dengan loyalitas nasabah. Hasil hitung menggunakan taraf signifikan 5% ternyata nilai kepuasan nasabah lebih kecil, dengan demikian hipotesis kedua diterima (3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah secara bersama-sama mempengaruhi loyalitas nasabah. Hasil hitung menggunakan taraf signifikan 5% ternyata nilai kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah lebih kecil, dengan demikian hipotesis ketiga ditolak. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Nasabah dan Loyalitas nasabah

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 13 Oct 2014 07:48
Last Modified: 13 Oct 2014 07:48
URI: http://repo.iain-tulungagung.ac.id/id/eprint/82

Actions (login required)

View Item View Item