IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 14 KABUPATEN BLITAR

Ismatul Khoiriyah, 1725143132 (2018) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI MIN 14 KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (735kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (361kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab VI.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Pendidikan Karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar” ditulis oleh ‘Ismatul Khoiriyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dibimbing oleh Muhammad Zaini, MA. Kata Kunci: Pendidikan Karakter Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh pendidikan selama beberapa dekade belakangan ini bertumpu hanya pada aspek intelektualitas. Hal ini tampak pada berbagai kasus remaja yang diangkat oleh media massa, seperti minum-minuman keras, penggunaan narkoba, dan pergaulan bebas. Realita yang terjadi di Indonesia kini sangat jauh dari kondisi yang ideal. Bangsa Indonesia seperti kehilangan karakter dan jati dirinya. Kehidupan berbangsa dan bernegara akhir-akhir ini, jiwa nasionalisme Indonesia semakin terkikis atau semakin memudar. Realitas yang terjadi di masyarakat menunjukkan bahwa penguasaan intelektual tidak menjadi faktor tunggal dalam menunjang kesuksesan seseorang. Aspek kecerdasan emosi dan spiritual justru lebih besar pengaruhnya terhadap kebahagiaan dan keberhasilan seseorang. Sehingga di sinilah tampak pengaruh pendidikan karakter. Pendidikan karakter sangat penting diimplementasikan dalam ranah pendidikan, khususnya di sekolah dasar untuk merubah akhlak peserta didik yang kurang baik menjadi akhlak yang mulia. Implementasi pendidikan karakter dapat dimulai dari membangun lingkungan berkarakter. Lingkungan yang berkarakter sangatlah penting bagi perkembangan individu. Karakter tersebut tidak hanya pada tahap pengenalan dan pemahaman saja, namun menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar?; (2) Apakah faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar?; (3) Bagaimana hambatan implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar?; (4) Bagaimana solusi hambatan implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar?. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk kategori penelitian lapangan dan library research, dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitiannya adalah 1) Implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar ini berupa: (a) Pendidikan karakter (religius, disiplin, dan tanggung jawab) ditanamkan dengan berbagai strategi diantaranya, keteladanan/ contoh (metode uswatun hasanah), kegiatan spontan, teguran, pengkondisian lingkungan, kegiatan rutin serta pengintegrasian ke dalam pembelajaran yang telah didukung melalui RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) serta di tuangkan dalam silabus. (b) Pengembangan budaya religius secara rutin dalam perilaku sehari-hari dengan diintegrasikan dalam berbagai kegiatan yang telah diprogramkan dengan tujuan pembentukan aspek sikap, perilaku, dan pengalaman keagamaan. (c) Disiplin dengan membiasakan peserta didik untuk menaati peraturan yang berlaku di lembaga madrasah. (d) Menumbuhkan rasa tanggung jawab terhadap peserta didik untuk bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajiban yang seharusnya dilakukan. 2) Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar yakni (a) Faktor keluarga yang mendukung penanaman pendidikan karakter di lingkungan rumah dan masyarakat, (b) Faktor pendidik atau tenaga kependidikan menunjukkan sikap akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari, (c) Faktor budaya madrasah yang berupa program implementasi pendidikan karakter, (d) Faktor fasilitas dan sarana prasarana yang memadai dalam menjalankan program implementasi pendidikan karakter. 3) Faktor penghambat implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar yakni (a) Peserta didik yang kurang memahami akan kesadaran pendidikan karakter, (b) Tenaga pendidik yang kurang maksimal dalam proses pembelajaran, (c) Lingkungan keluarga dan masyarakat yang kurang mendukung. 4) Solusi hambatan implementasi pendidikan karakter di MIN 14 Kabupaten Blitar yakni (a) Sosialisasi dengan segala pihak yang terkait dalam proses belajar mengajar yang meliputi komite, dewan guru, kepala madrasah serta wali murid kemudian di dukung oleh adanya tata tertib, (b) Optimalisasi peranan guru dalam pembelajaran pendidikan karakter, menciptakan lingkungan yang kondusif, dan disempurnakan dengan adanya kerjasama antara sekolah dan orang tua yang terlibat secara aktif di dalam usaha pengembangan karakter peserta didik, (c) Evaluasi serta pembinaan kepada setiap pendidik sehingga setiap hambatan yang terjadi dapat dilaporkan kepada kepala madrasah agar pendidikan karakter dapat berjalan dengan baik.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S.Pd 1725143132 'ISMATUL KHOIRIYAH
Date Deposited: 03 Jul 2018 08:14
Last Modified: 03 Jul 2018 08:14
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/8194

Actions (login required)

View Item View Item